HomeInfo SehatJantungMakan Malam Sehat untuk Penderita Kolesterol
Jantung

Makan Malam Sehat untuk Penderita Kolesterol

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makan malam yang sehat tidak perlu mahal atau dimasak dengan cara yang canggih. Pilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Makan Malam Sehat untuk Penderita Kolesterol

Pola makan sehat merupakan salah satu komponen penting gaya hidup Anda untuk mencapai kadar kolesterol yang normal. Berdiet untuk menurunkan kadar kolesterol tidak serta merta menjadikan makan malam Anda penuh penderitaan.

Makan sehat bisa juga enak, kok. Hal yang perlu Anda lakukan adalah bermain-main dengan komposisi makanan untuk membuat diet Anda lebih bervariasi dan tentu saja lezat.

Dengan begitu, makan malam sehat yang Anda persiapkan tidak tampak membosankan. Apa saja komposisi makanan yang dapat mendukung pola diet Anda?

Salad

Awali makan malam sehat Anda dengan salad buah atau sayur segar atau campuran keduanya. Hindari mayones dalam penyajian salad Anda, kecuali mayones tersebut rendah gula dan lemak.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun, yogurt tawar rendah lemak, beserta perasan jeruk lemon untuk taburan  yang lebih sehat. Salad di awal makan malam juga membantu Anda lebih cepat kenyang.

Nasi merah

Untuk makan malam sehat Anda, gunakan beras merah ketimbang beras putih. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, beras merah juga mengandung kadar serat yang lebih tinggi. Sedikit saja sudah cukup untuk mengenyangkan perut Anda di waktu malam.

Salmon

Salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang berperan melindungi pembuluh darah jantung. Walaupun ikan salmon memiliki banyak manfaat, jika dimasak dengan cara yang salah maka manfaatnya juga akan berkurang.

Panggang ikan salmon sampai warna ikan menjadi pink kemerahan. Oleskan sedikit minyak wijen dan minyak zaitun secukupnya. Untuk mengurangi bau amis ikan, beri perasan lemon di atas ikan salmon Anda.

Daging tanpa lemak

Pilihlah daging tanpa lemak untuk makan malam sehat Anda, misalnya bagian dada ayam tanpa kulit. Walaupun masih mengandung lemak, kandungannya relatif lebih sedikit dibandingkan bagian lainnya.

Sajikan dada ayam dengan cara dipanggang atau ditumis. Hindari yang ini: digoreng kering dengan tepung renyah.

Kentang rebus

Kentang rebus dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda atau menjadi pengganti nasi putih.

Untuk sajian yang berbeda, tambahkan beberapa sendok susu putih rendah lemak, tumbuk atau haluskan kentang rebus tersebut menjadi kentang tumbuk. Hindari penggunaan keju dan margarin dalam mengolah kentang rebus.

Perlu hidangan penutup? Pilih teh tawar dengan lemon dan sedikit madu. Sepotong kecil coklat pekat juga bisa Anda pilih. Keduanya bisa memberi rasa penutup yang manis untuk makan malam Anda. Tapi ingat, pastikan pilihan makan malam sehat sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Anda.

(RH)

Konsultasi Dokter Terkait