Pencernaan

Diet Setelah Operasi Usus Buntu

dr. Nadia Octavia, 04 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah yang dimaksud dengan diet setelah operasi usus buntu? Dan bagaimana panduan diet untuk mereka yang baru saja melakukan operasi usus buntu? Baca selengkapnya di sini.

Diet Setelah Operasi Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk seperti kantong kecil seukuran jari kelingking yang terletak di usus. Kotoran dapat menyumbat di usus buntu sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi ini disebut juga appendisitis atau peradangan pada usus buntu.

Gejala penyakit usus buntu umumnya berupa nyeri pada perut kanan bawah, demam, hingga mual dan muntah. Jika sudah terjadi peradangan, tindakan yang biasanya dilakukan adalah dengan operasi pengangkatan usus buntu.

Setelah operasi, pasien perlu melakukan penyesuaian pola makan sebelum kembali ke pola makan normal sebelum operasi. Seperti apakah itu?

Diet cair

Setelah tindakan operasi, saluran pencernaan membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula. Pada awalnya pasien dianjurkan untuk menjalankan diet cair sampai kondisi pulih (tidak ada lagi mual dan muntah akibat anestesi). Diet cair berupa pemberian makanan atau minuman yang cair, misalnya jus apel atau sup. Biasanya Anda diperbolehkan makan jika dokter sudah mendengar adanya bunyi usus dengan menggunakan stetoskop.

Diet lunak

Setelah tubuh mulai pulih dari operasi, maka pola diet selanjutnya yang dianjurkan adalah dengan mengonsumsi makanan yang lunak sehingga usus pun bisa sembuh secara perlahan. Makanan lunak bisa berupa bubur atau kentang yang dihaluskan. Hindari makanan yang pedas, bersantan atau berlemak untuk mencegah "stres" pada pencernaan Anda dan supaya tubuh Anda pulih lebih cepat setelah operasi usus buntu. Menjalani pola makan yang tepat akan membantu mempercepat proses pemulihan setelah operasi dan menurunkan risiko infeksi setelah operasi.

Diet tinggi serat

Ketika tubuh Anda sudah pulih sempurna dan Anda telah kembali menjalani aktivitas normal, cobalah untuk menjalani pola makan yang tinggi serat. Makanan tinggi serat dapat membantu mencegah konstipasi atau sulit BAB setelah menjalani operasi usus buntu. Contoh makanan tinggi serat di antaranya gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayur dan buah.

Kiat-kiat diet setelah operasi usus buntu

Makanlah dengan porsi kecil namun sering untuk mengurangi “stres” pada saluran pencernaan. Jangan lupa juga untuk makan terlebih dahulu sebelum minum obat-obatan (misalnya obat antinyeri atau antibiotik), untuk meminimalisasi efek samping seperti mual dan muntah. Tanpa adanya komplikasi, orang yang baru menjalani operasi usus buntu dapat kembali menjalani pola makan biasa 1-2 minggu setelah operasi.

Gaya Hidup SehatUsus Buntu

Konsultasi Dokter Terkait