Kulit

Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

dr. Karin Wiradarma, 03 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menghilangkan kantong mata memang tidak bisa sehari semalam. Diperlukan beberapa perubahan pola hidup untuk menghilangkan kantong malam secara maksimal.

Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

Hanya karena sepasang kantong yang menggelayut di bawah mata, Anda menjadi terlihat lelah dan lebih tua dari yang sebenarnya. Ingin rasanya menghilangkan kantong mata yang mengganggu penampilan ini.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantong mata secara alami.

Kurangi Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam akan menarik cairan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, makan malam yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan pembesaran kantong mata pada pagi harinya.

Pijatan

Aliran saluran limfe yang kurang lancar dapat menyebabkan terjadinya kantong mata. Untuk meminimalkannya, Anda dapat melakukan pijatan ringan dengan jari manis yang dimulai dari arah hidung ke luar.

Obati Alergi

Alergi yang kambuh juga dapat menimbulkan bengkak pada mata serta kantong mata. Untuk mengatasinya, segera minum obat antihistamin yang diresepkan dokter untuk mengobati alergi Anda. Yang tidak kalah penting adalah mengenali dan menghindari pencetus alergi agar Anda dapat terhindar dari kantong mata pada kemudian hari.

Posisi Tidur

Usahakan untuk selalu tidur telentang. Posisi tidur miring atau telungkup dapat menyebabkan cairan tertarik gravitasi dan mengumpul di bawah mata. Jika merasa nyaman, Anda juga dapat meninggikan posisi kepala dengan menambah bantal.

Bersihkan Riasan

Pastikan Anda selalu membersihkan riasan mata Anda sebelum menyentuh kasur. Riasan mata yang tidak dibersihkan dengan baik berpotensi menyebabkan mata berair dan sembab pada keesokan harinya.

Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol yang moderat (satu gelas per hari) adalah baik untuk kesehatan. Konsumsi yang berlebih bukan hanya berefek negatif bagi kesehatan, namun juga bagi penampilan Anda.

Sinar Ultraviolet

Timbulnya kantong mata bisa jadi merupakan akibat dari proses penuaan akibat sinar ultraviolet. Karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan krim tabir surya pada wajah sebelum keluar rumah, terutama pada area mata. Anda juga dapat menggunakan kacamata hitam dan topi untuk melindungi area mata dari sinar matahari.

Merokok

Selain mengakibatkan gangguan kesehatan pada umumnya, merokok juga dapat menimbulkan penuaan dini dan pembentukan kantong mata. Oleh karena itu, segeralah berhenti merokok agar Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan kantong mata Anda!

Kompres Dingin

Pembengkakan pada mata – terutama jika disebabkan karena terlalu banyak menangis – dapat diminimalkan dengan kompres dingin.

Krim Mata

Gunakan perawatan wajah berupa krim mata antipenuaan untuk mencegah dan meminimalkan kantong mata.

Riasan

Selagi Anda melakukan berbagai perawatan untuk meminimalkan kantong mata, Anda dapat menutupinya sementara dengan menggunakan concealer berwarna oranye untuk menutupi warna biru-hitam di bawah mata Anda.

Bedah Plastik

Tak dapat dimungkiri, bedah plastik memang merupakan cara yang paling ampuh dan permanen untuk menghilangkan kantong di bawah mata. Nama prosedur operasi kantong mata adalah blepharoplasty bagian bawah.

Apabila Anda menginginkan prosedur yang tidak terlalu berisiko, Anda dapat melakukan terapi filler asam hialuronat yang digunakan untuk “mengisi” kantong mata hingga tampak “menghilang”. Ada pula teknik yang baru digunakan akhir-akhir ini, yaitu filler dengan menggunakan sel lemak yang diperoleh dari pasien sendiri.

Kantong MataCantik Sehat

Konsultasi Dokter Terkait