Sukses

Minum Teh Bisa Atasi Osteoporosis?

Teh sudah lama digunakan sebagai obat karena beragam khasiatnya. Namun, bagaimana dengan manfaatnya sebagai pencegah tulang keropos? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com – Kebiasaan minum teh telah mengakar pada sebagian masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari teh, sehingga minuman ini banyak digunakan sebagai obat, tak terkecuali untuk osteoporosis. Sebuah studi terbaru dari Australia yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition telah menelaah lebih jauh hubungan antara konsumsi teh dan osteoporosis ini.

Para pengkaji menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi teh mempunyai kadar kepadatan tulang yang tinggi di daerah pinggul sebanyak 2,8%, dan risiko terjadinya kehilangan massa tulang penyebab osteoporosis berkurang dibandingkan dengan perempuan yang tidak rutin mengonsumsi minuman teh.

Hal tersebut diteliti berkaitan dengan kadar phytochemical di dalam teh, contohnya flavonoid. Flavonoid memiliki fungsi seperti hormon estrogen, yang berperan dalam melindungi tubuh dari kehilangan massa tulang. Selain itu, kandungan kalsium dan fluoride yang terdapat di dalam teh juga disebut dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Meski demikian, para peneliti belum menemukan secara pasti berapa takaran gelas teh dalam sehari yang dapat meningkatkan kadar kepadatan tulang, sehingga dapat melindungi tulang dari osteoporosis.

Namun, peneliti dari Cina menjelaskan bahwa mengonsumsi satu sampai empat gelas teh dalam sehari dapat mengurangi risiko terjadi patah tulang pinggul sebanyak 28%, sedangkan mengonsumsi dua sampai tiga gelas teh dalam sehari dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 37%.

0 Komentar

Belum ada komentar