Diet dan Nutrisi

Pentingnya Susu sebagai Pelengkap Nutrisi Harian

dr. Muhammad Anwar Irzan, 30 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi susu sangatlah penting guna menjamin kebutuhan akan asupan nutrisi.

Pentingnya Susu sebagai Pelengkap Nutrisi Harian

KlikDokter.com - Susu mengandung kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk banyak fungsi penting – termasuk untuk menurunkan berat badan hingga mencegah penyakit diabetes.

Para peneliti di Universitas Harvard menyatakan bahwa minum susu selama remaja dapat menurunkan risiko untuk terkena diabetes tipe 2 pada perempuan. Remaja yang minum susu kebanyakan melakukan kebiasaan yang sama ketika mereka menjadi dewasa. Dan kebiasaan seumur hidup ini telah dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu.

Mereka juga menelaah pola konsumsi makanan remaja dan dewasa, serta risiko kesehatan pada lebih dari 37.000 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi susu ketika dewasa dan produk susu ketika remaja ditemukan berada pada risiko menderita diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Pada prinsipnya, konsumsi susu yang diperbolehkan adalah susu yang memiliki indeks glikemik rendah dan kadar lemak rendah. Sebelum mengonsumsi, perhatikan label dan kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan susu tersebut.

susuNutrisiApa Itu DiabetesPentingnya SusuPelengkap Nutrisi HarianSusu Sebagai Pelengkap Nutrisi HarianPelengkap NutrisiPentingnya Susu Sebagai Pelengkap

Konsultasi Dokter Terkait