Sukses

Beras Merah Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Berdasarkan sebuah studi, mengganti nasi putih dengan nasi merah dalam menu harian Anda dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2.

KlikDokter.com - Konsumsi beras putih menjadi bagian penting dalam makanan masyarakat Indonesia, namun kini tak ada salahnya jika Anda ingin beralih ke beras merah. Studi menyatakan bahwa mengganti nasi putih dengan nasi merah dalam menu harian dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Para peneliti di Harvard School of Public Health mengatakan bahwa makan dua porsi atau lebih beras merah dalam seminggu dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita diabetes tipe 2.

Di sisi lain, setelah disesuaikan dengan usia dan gaya hidup lainnya, orang yang mengonsumsi lima porsi atau lebih nasi putih per minggu mengalami peningkatan risiko diabetes sebanyak 17%.

Nasi putih memiliki indeks glikemik lebih tinggi dari beras merah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi menaikkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan makanan dengan indeks glikemik rendah atau sedang.  Indeks glikemik adalah ukuran pengaruh suatu makanan yang mengandung karbohidrat terhadap kenaikan kadar gula darah.

0 Komentar

Belum ada komentar