Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatDiabetes5 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari
Diabetes

5 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

dr. Muhammad Anwar Irzan, 30 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyakit diabetes memang sulit dideteksi sejak awal, bahkan hampir tak ada gejala yang dirasakan.

5 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

KlikDokter.com - Diabetes sering disebut silent killer karena gejalanya sering tidak disadari. Hampir setiap hari, penderita diabetes yang datang kepada dokter tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit tersebut. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terkena diabetes atau tidak adalah dengan melakukan tes gula darah. Namun, ada juga beberapa gejala yang bisa dicermati sebelum Anda melakukan tes gula darah:

1. Sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan

Apakah Anda sering buang air kecil, bahkan Anda harus bangun di malam hari berkali-kali untuk pergi ke kamar mandi? Jika ya, hal tersebut bisa menjadi gejala diabetes.

Ginjal berfungsi untuk menyingkirkan semua glukosa ekstra dalam darah, dengan menyaring cairan darah lebih banyak. Hal ini yang akan membuat Anda sering ingin pipis pada malam hari. Sedangkan untuk gejala haus berlebihan, hal itu menunjukkan tubuh Anda sedang mencoba untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

2. Berat badan yang menurun

Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, misalnya lima hingga sepuluh kg selama dua atau tiga bulan. Tetapi ini bukan penurunan berat badan yang sehat. Mengapa bisa demikian?

Karena hormon insulin tidak dapat memasukkan glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi, maka tubuh mulai menggunakan protein dari otot sebagai sumber alternatif pembuatan energi. Ginjal juga bekerja keras untuk menghilangkan kelebihan gula, dan menyebabkan kehilangan kalori yang dapat membahayakan ginjal.

3. Rasa lapar berlebihan

Rasa lapar yang berlebihan merupakan tanda lain dari diabetes. Ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi namun tidak dapat masuk ke dalam sel untuk digunakan dalam proses metabolisme.

Ketika kadar gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel, tubuh berpikir belum memperoleh asupan makanan sehingga mengirim sinyal lapar untuk mendapatkan glukosa lebih banyak agar sel-sel dapat berfungsi.

4. Masalah kulit

Kulit gatal, hasil dari kulit kering atau sirkulasi dari pembuluh darah yang buruk, dapat menjadi tanda peringatan diabetes. Contoh lain adalah acanthosis nigricans yakni penggelapan kulit di sekitar leher atau ketiak.

5. Penyembuhan luka yang lambat

Infeksi, luka, dan memar yang kunjung sembuh adalah tanda klasik lain dari diabetes. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah rusak oleh kadar glukosa yang berlebihan. Kondisi ini membuat darah sulit menjangkau daerah-daerah tubuh yang terluka. Selain itu, risiko infeksi pada luka meningkat akibat tingginya kadar gula di pembuluh darah.

Gejala diabetesApa Itu Diabetes5 Gejala Diabetes5 GejalaGejala Diabetes Yang SeringGejala Diabetes Yang Sering Tak DisadariDisadariTak DisadariDiabetes Yang Sering

Konsultasi Dokter Terkait