Sukses

Kolesterol Tinggi dan Risiko Kanker Payudara

Benarkah kadar kolesterol tinggi dan risiko kanker payudara memiliki hubungan yang erat? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com – Beredar kabar bahwa kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara, namun apakah pernyataan tersebut benar?

Menurut sebuah laporan penelitian di Inggris, pernyataan tersebut benar adanya. Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara. Menurut peneliti dari Aston University School of Medical Sciences di Birmingham, Inggris, temuan menunjukkan bahwa menjaga kadar kolesterol melalui pengobatan dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara

Menurut peneliti, studi tersebut adalah pendahuluan dan penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum hal ini dapat dikonfirmasi. Namun, 10 sampai 15 tahun ke depan, jika penelitian mendatang mengonfirmasikan temuan ini, ada kemungkinan untuk dilakukan percobaan klinis dari penggunaan statin pada kanker payudara. Statin adalah obat resep yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.

Para peneliti mengkaji catatan medis lebih dari 660.000 pasien wanita di Birmingham dan Manchester antara tahun 2000 dan 2013 menggunakan model statistik untuk mempelajari hubungan antara kolesterol tinggi dan kanker payudara.

Para peneliti menetapkan bahwa kolesterol tinggi meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara sebesar 64%. Mereka melakukan penelitian setelah melakukan uji coba tahun lalu terkait pertumbuhan kanker payudara agresif karena senyawa kimia yang dihasilkan oleh kolesterol yang diproses oleh tubuh.

Meskipun temuan ini bermakna, peneliti mengatakan asosiasi yang ditemukan oleh para peneliti bukan merupakan hubungan langsung antara kolesterol dan kanker payudara.

Hasil penelitian sebelumnya dari kadar kolesterol tinggi dan kanker payudara memiliki hasil yang beragam dan sebagian besar tidak menunjukkan hubungan yang belum jelas.

0 Komentar

Belum ada komentar