Reproduksi

Penis Bisa Mengecil di Usia 40 Tahun, Benarkah?

dr. Sara Elise Wijono MRes., 28 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konon katanya, memasuki usia 40 tahun ukuran penis dapat mengecil sedemikian rupa. Apakah itu benar? Baca faktanya di artikel ini, yuk!

Penis Bisa Mengecil di Usia 40 Tahun, Benarkah?

Tingkat kepuasan dalam berhubungan seksual memang tidak dapat diukur hanya dari ukuran kelamin pasangan. Meski demikian, pada kenyataannya tak sedikit pria (dan wanita) yang punya slogan “size does matter”.  

Salah satu hal yang mungkin ditakuti banyak pria adalah jika ukuran penisnya mengecil seiring dengan bertambahnya usia. 

Ya, konon katanya mulai usia 40 tahun ukuran kelamin pria lama-lama mengecil! Apakah ini fakta atau sekadar mitos yang tak perlu dipercaya? Simak pembahasannya di bawah ini. 

Penyebab Penis Mengecil di Usia 40 Tahun

Alasan Penis Bengkok Bisa Pengaruhi Kepuasan Seksual (Foto: Deon Black/Pexels)

Penambahan berat badan banyak dialami oleh pria seiring dengan bertambahnya usia. Lemak yang menumpuk di perut bagian bawah dapat membuat penis seolah-olah terbenam sehingga terlihat lebih kecil. 

Namun, ada kondisi ketika ukuran penis menjadi kecil secara permanen dan tidak dapat dikembalikan ke ukuran normal lagi. Apa yang menyebabkan kondisi ini? 

Artikel Lainnya: 17 Cara Membesarkan Penis dengan Alami dan Medis

Hal itu dapat terjadi karena beberapa mekanisme. Mekanisme yang pertama adalah menumpuknya lemak di pembuluh darah yang berperan mengalirkan darah ke penis saat terjadi ereksi. Kondisi ini dinamakan aterosklerosis. 

Mekanisme yang kedua adalah karena faktor bertambahnya usia. Akibatnya, terjadi penumpukan jaringan kolagen yang tidak elastis di ruang sekitar penis. 

Perlu kamu tahu, ereksi dapat terjadi bila ruang di sekitar penis tersebut terisi darah. Penumpukan jaringan kolagen tersebut akan membuat sumbatan dalam pengisian ruang oleh darah.

Lebih lanjut, pada pria berusia 40 tahun ke atas terjadi penurunan hormon testosteron secara alamiah sebagai bagian dari proses penuaan. Hal ini dapat menyebabkan penis mengecil pada usia 40 tahun. 

Bila ukuran penis mengecil, ukuran testis juga biasanya mengecil. Mulai usia 40 tahun, testis akan mulai mengecil. Jika pada usia 30 ukuran testis mencapai 3 cm, maka saat usia 40 tahun ukurannya dapat mengecil hingga 2 cm.

Artikel Lainnya: Benarkah Keseringan Onani Bikin Penis Kecil?

Bisakah Dicegah?

Ilustrasi Bentuk Penis Pria

Pertambahan usia memang tidak dapat dihindari, begitu pula dengan perubahan komposisi tubuh yang mengikutinya. 

Namun, dengan menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat, setidaknya kamu dapat mengurangi satu faktor risiko yang dapat membuat ukuran penismu mengecil di kemudian hari. Oleh karena itu, mulailah hal ini dari sekarang.

Jika kamu mengalami perubahan pada Mr. P seiring bertambahnya usia, terutama bila berat badanmu berlebih, ini dapat diatasi dengan mengubah pola makan sehingga berat badan menjadi normal. 

Dengan berkurangnya tumpukan lemak, penis yang seolah-olah mengecil dapat kembali terlihat berukuran normal.

Artikel Lainnya: Perubahan yang Terjadi Pada Penis Seiring Bertambahnya Usia

Sebenarnya kamu tidak perlu terfokus pada ukuran penis untuk masalah seksual. Namun, fokuslah pada faktor lain yang membantu kepuasan pasanganmu. Misalnya saja, kondisi psikis serta variasi dalam melakukan hubungan.

Akan tetapi, jika penis kamu mengecil disertai keluhan kesehatan seperti sulit buang air kecil atau tidak dapat menjalankan fungsi seksual, maka sudah waktunya kamu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Bila kamu punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter lebih mudah melalui fitur Tanya Dokter

Baca juga artikel kesehatan lainnya yang terbaru di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu selalu, ya!

[RS]

Penis KecilPenis

Konsultasi Dokter Terkait