Sukses

Tanda Dan Gejala Perut Kembung

Tahukah Anda mengenai tanda dan gejala perut kembung? Berikut pembahasannya.

Klikdokter.com - Perut kembung terjadi ketika terdapat akumulasi gas dalam lambung dan usus. Hal ini mengacu pada perasaan kenyang dan sesak walau tanpa mengonsumsi makanan sehingga menyebabkan perut membesar.

Perut yang kembung dan gas yang terakumulasi dalam lambung adalah tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Penyebab paling umum dari perut kembung adalah makan berlebihan, makan makanan yang berlemak, dan kurangnya asupan air. Selain itu, adanya beberapa kondisi medis seperti sindrom iritasi usus dan intoleransi laktosa juga bisa menjadi penyebab terjadinya perut kembung.

Terdapat beberapa tanda dan gejala perut kembung, yakni:

1. Buang angin yang berlebihan

Produksi abnormal gas merupakan salah satu dari . Karena makanan tidak tercerna dengan baik, maka menghasilkan berbagai jenis gas dalam perut. Selain itu, minum minuman berkarbonasi juga akan mendorong terjadinya perut kembung sehingga menimbulkan buang angin yang berlebihan.

2. Distensi perut

Produksi gas yang berlebih dan menumpuk di lambung serta saluran usus menyebabkan perluasan dinding. Proses ini secara keseluruhan menghasilkan distensi perut dengan membuat kondisi perut menjadi tidak nyaman dan merupakan salah satu

3. Bau busuk saat buang angin

Gejala perut kembung lainnya adalah bau busuk saat buang angin. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh pencernaan dan proses penyerapan makanan yang tidak lancar dan menghasilkan bau seperti bau busuk karena terlambatnya pengosongan usus.

4. Rasa tidak nyaman pada perut

Rasa tidak nyaman akan dirasakan oleh tubuh, terutama setelah mengonsumsi makanan merupakan salah satu . Biasanya tubuh merasa tidak nyaman dengan disertai perasaan gelisah dan sulit bernapas layaknya orang yang susah buang air besar.

5. Nyeri perut

Gejala perut kembung juga kadang disertai dengan nyeri perut yang dapat berkisar dari rasa nyeri ringan sampai dengan nyeri berat tergantung pada tingkat keparahan kondisinya.

Jika gejala perut kembung diatas bertahan selama lebih dari 3-4 hari, maka dianjurkan untuk mencari bantuan medis agar gejala perut kembung yang Anda alami mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut guna untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

0 Komentar

Belum ada komentar