HomeInfo SehatOtot dan SendiPenyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya
Otot dan Sendi

Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kenali penyebab sakit punggung yang Anda alami dan cara mengatasinya!

Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

KlikDokter.com - Keluhan sakit punggung merupakan keluhan yang umum ditemui. Namun penyebab sakit punggung sangat bervariasi, mulai dari gangguan pada tulang belakang sampai dengan gangguan pada organ dalam perut.

Penyebab Sakit Punggung

Terdapat beberapa penyebab sakit punggung, yakni:

  • Herniasi nukleus pulposus

Tulang belakang manusia memiliki bagian bantalan antar tulang (diskus intervertebra). Bantalan antar tulang belakang ini memiliki komponen inti berupa nukleus pulposus yang dapat keluar karena adanya insiden, misalkan pada penggunaan beban yang berlebihan. Keluarnya nukleus pulposus dapat menyebabkan penekanan pada serabut saraf dan bedampak pada keluhan sakit punggung.

  • Spondilolistesis

adalah pergeseran tulang belakang. Tulang belakang manusia seharusnya saling menumpuk satu diatas yang lainnya. Pergeseran tulang belakang ini dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya trauma pada tulang belakang. Penderita spondilolistesis akan mengeluhkan adanya sakit pada punggung.

  • Batu saluran kencing

Selain kelainan pada struktur tulang belakang, salah satu penyebab sakit punggung adalah adanya sumbatan pada saluran kencing. Sumbatan pada saluran kencing akan menyebabkan keluhan sakit pada daerah perut dan pinggang yang hebat atau biasa disebut kolik abdomen.

Penanganan Sakit Punggung

Penanganan sakit punggung harus disesuaikan dengan penyebabnya. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menangani keluhan sakit punggung, yakni:

  • Kompres air dingin

Kompres air dingin dapat menurunkan peradangan yang terjadi dan mengurangi rasa nyeri akibat sakit punggung.

  • Jaga postur tubuh Anda

Jagalah postur tubuh Anda agar berada dalam posisi tidak membungkuk. Posisi membungkuk menyebabkan tubuh Anda lebih sulit untuk menopang berat badan secara ideal.

  • Jaga berat badan Anda

Berat badan berlebih dapat menyebabkan peningkatan beban tubuh pada tulang belakang. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda tetap dalam rentang berat badan ideal.

  • Gunakan obat nyeri

Obat nyeri yang dijual bebas di pasaran dapat digunakan untuk meringankan gejala . Obat nyeri yang dapat digunakan untuk meringankan gejala sakit punggung adalah parasetamol atau ibuprofen. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan obat ini. Orang dengan gangguan seperti ulkus lambung (luka pada lambung), penyakit ginjal dan hati disarankan untuk menghindari penggunaan obat ini jenis ini. Selain itu, yang terpenting adalah memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab utama dari sakit punggung yang Anda alami.

sakit punggungpunggungsakitCara MengatasinyaNyeri Otot & SendiPenyebab Sakit PunggungSakit Punggung Dan Cara MengatasinyaPenyebab Sakit

Konsultasi Dokter Terkait