Kulit

Trik Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

dr. Citra Roseno, 08 Des 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bekas luka pada wajah sering kali membuat orang tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara untuk melenyapkannya dari wajah Anda!

Trik Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

KlikDokter.com - Bekas luka pada wajah merupakan hasil proses penyembuhan akibat adanya kerusakan kulit. Bagaimana kulit menyembuh akan mempengaruhi terjadinya bekas luka tersebut. Bekas luka pada wajah dapat timbul akibat jerawat hingga cedera, dan memiliki berbagai bentuk seperti lubang, flek berwarna terang sampai gelap, dan sebagainya. Pada prinsipnya, untuk mengetahui cara merawat bekas luka pada wajah, perlu dipahami apa penyebabnya serta jenis bekas luka tersebut.

Bekas luka atrofi

Terjadi akibat rusaknya jaringan penyangga kulit sehingga kulit tidak dapat sembuh secara sempurna. Contohnya adalah bekas luka berupa lubang atau bopeng. Sering diakibatkan oleh cacar air.

Perawatan yang dapat dilakukan membutuhkan pengawasan dokter yang terlatih seperti penggunaan laser, filler, dermabrasi, subsisi, dan sebagainya. Prosedur laser paling umum digunakan dengan cara membantu meratakan permukaan kulit dan merangsang pembentukan kolagen baru.

Bekas luka hipertrofi

Terjadi akibat produksi berlebihan kolagen sebagai respon kerusakan pada kulit. Berupa bekas luka yang meninggi, dapat berwarna merah, dan terkadang berupa keloid. Umumnya timbul ketika terjadi cedera yang cukup dalam pada jaringan kulit.

Perawatan untuk meratakan permukaan kulit dapat berupa terapi dengan obat yang mengandung silikon, antiradang seperti kortikosteroid, prosedur chemical peeling, dermabrasi, dan sebagainya.

Flek

Flek yang datar pada kulit dapat berwarna terang (putih, merah muda, merah) hingga gelap (cokelat, hitam). Dapat terjadi akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, atau peradangan pada kulit.

Perawatan kulit yang dapat dilakukan berupa terapi topikal hidrokuinon (dosis aman 2%) untuk flek hiperpigmentasi, krim yang mengandung vitamin C, asam retinoat, atau teknik mikrodermabrasi untuk flek yang lebih luas.

Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai pilihan terapi yang tepat.

LukawajahMenghilangkan bekas lukaAnti AgingBekas LukaBekas Luka Pada WajahTrik Menghilangkan Bekas LukaTrik Menghilangkan Bekas

Konsultasi Dokter Terkait