Kulit

Perawatan Kulit Sebelum Tidur

dr. Kartika Mayasari, 30 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih terawat. Salah satu kiat terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan perawatan kulit di malam hari sebelum tidur.

Perawatan Kulit Sebelum Tidur

KlikDokter.com – Perawatan kulit sangat penting dilakukan agar Anda tetap tampil cantik dan menarik. Kesehatan kulit tidak hanya perlu dilakukan dengan melindunginya dari debu dan paparan sinar matahari., tapi perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur pun sangatlah penting dilakukan. Tetapi banyak orang yang malas atau bahkan mengabaikan perawatan kulit pada malam hari ini. Padahal ketika malam hari regenerasi kulit lebih aktif di bandingkan pada siang hari.

Perawatan kulit yang dilakukan pada malam hari memiliki banyak manfaat, bahkan dapat dikatakan perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur adalah wajib untuk dilakukan. Karena apabila Anda melakukan perawatan kulit ini secara rutin sebelum tidur maka manfaatnya adalah dapat meremajakan kulit serta meregenerasi kulit. Regenerasi kulit akan membuat kulit menjadi lebih sehat, bersih, lembut dan terhindar dari garis-garis penuaan.

Apa sajakah perawatan kulit di malam hari yang wajib dilakukan?

1. Bersihkan wajah

Seharian beraktivitas pastinya akan membuat kulit wajah Anda kotor. Entah kotor karena make-up maupun kotor karena debu dan polusi yang menempel. Kotoran yang menempel di wajah inilah yang memicu jerawat. Anda tidak ingin bukan jerawat yang timbul di wajah akan merusak penampilan kan?

Membersihkan dengan facial foam tidak cukup. Facial foam hanya digunakan untuk memaksimalkan pembersihan wajah. Sebaiknya Anda menggunakan make-up remover. Make-up remover lebih kuat untuk mengangkat sisa riasan dan kotoran yang menempel di wajah Anda. Setelah bersih gunakan facial foam. Keringkan wajah Anda dengan handuk. Cukup menepuk-nepuk pelan wajah Anda agar kelembaban pada wajah tidak hilang.

2. Mandi

Setelah beraktivitas seharian penuh, tubuh anda pasti terasa gerah dan tidak nyaman karena keringat yang menempel pada tubuh anda. Seringkali kita melalaikan mandi karena lelah. Padahal mandi setelah seharian beraktivitas sangat penting untuk menjaga kesehatan dan perawatan kulit. Anda bisa mandi menggunakan air hangat. Air hangat cocok sekali untuk merelaksasikan tubuh Anda yang lelah karena seharian beraktivitas. Selain itu mandi dengan air hangat juga bisa memperlancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan mandi Anda juga bisa mencegah jerawat yang timbul pada permukaan punggung. Jangan lupa menggunakan sabun yang mengandung pelembab ekstra untuk kulit agar kelembaban kulit tetap terjaga.

3. Serum Kulit

Perawatan kulit lainnya adalah dengan menggunakan serum kulit setelah mandi. Namun sebelum menggunakan serum kulit setelah mandi keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk pelan handuk ke seluruh tubuh,  bukan menggosok-gosokkan handuk ke tubuh. Ini bisa berakibat mengurangi kelembaban tubuh Anda. Setelah selesai, oleskan serum khusus kulit ke seluruh tubuh. Serum khusus kulit lebih baik dibandingkan dengan body lotion. Serum khusus kulit lebih banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Selain itu serum juga lebih cepat diserap tubuh dalam hitungan menit. Serum ini bisa melembabkan dan merawat tubuh saat Anda tidur.

4. Krim Mata

Area sekitar mata adalah bagian kulit yang memerlukan perhatian perawatan kulit yang ekstra. Karena sebagian besar khalayak seringkali melupakan mengoles krim mata saat malam hari. Padahal bagian kulit di sekitar mata juga membutuhkan kelembaban. Kulit area mata sedikit susah menyerap kandungan krim yang terdapat pada krim wajah. Maka dari itu penggunaan eye cream atau krim mata sangat perlu. Krim ini berfungsi untuk merelaksasikan mata yang lelah setelah beraktivitas seharian. Selain itu krim mata juga berfungsi untuk mengurangi lingkar hitam dan kantung mata. Kita tidak mau lingkaran hitam sekitar mata merusak penampilan, bukan? Maka dari itu gunakan krim ini setiap malam sebelum tidur. Anda bisa mengoleskan krim mata ini dengan melingkar dan sedikit ditekan. Fungsinya untuk memijat otot mata Anda yang tegang. Anda juga bisa menempelkan irisan ketimun saat tidur untuk menyegarkan mata.

5. Krim Malam

Bukan hanya kulit tubuh saja yang membutuhkan kelembaban dan perawatan kulit. Kulit wajah pun membutuhkan. Menjelang tidur Anda bisa menggunakan krim malam. Selain melembabkan, krim malam juga berguna untuk meremajakan kulit dan mempercepat regenerasi kulit. Sehingga kulit yang telah tua akan cepat berganti dengan kulit baru yang sehat. Oleskan krim malam ke seluruh wajah, setelah itu Anda dapat tidur dengan nyaman dan siap menyambut hari esok dengan semangat baru.

Perawatan Kulitkulitsebelum tidurKulit Sebelum TidurPerawatan Kulit Sebelum

Konsultasi Dokter Terkait