Kesehatan Anak

Alergi Mengganggu Kecerdasan dan Perilaku Si Kecil!

dr. Karin Wiradarma, 19 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sepelekan dampak alergi Si Kecil, karena bila dibiarkan dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

Alergi Mengganggu Kecerdasan dan Perilaku Si Kecil!

KlikDokter.com - Alergi ternyata tidak hanya berdampak sebatas kepada gejala-gejala yang ditimbulkannya, melainkan dapat juga mempengaruhi aspek lain yang lebih luas, seperti kecerdasan dan perilaku anak.

Gejala alergi yang selama ini kita kenal umumnya adalah ruam-ruam merah pada kulit, bibir dan mata bengkak, biduran, sesak napas, batuk dan pilek, diare, muntah, hingga konstipasi. Pemicunya pun bermacam-macam, mulai dari makanan, debu, bulu binatang, jamur, gigitan serangga, dan lain-lain.

Ternyata selain hal tersebut, menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, anak yang alergi juga dapat terganggu kecerdasan dan perilakunya. Misalnya gangguan daya ingat, sulit bicara atau gagap, kurang konsentrasi, impulsif, hiperaktif, lemas, gangguan emosi, hingga autisme.

Gangguan kecerdasan dan perilaku anak ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa alergi dapat mengganggu perkembangan otak. Selain itu, gejala alergi yang mengganggu seperti batuk, gatal, dan bersin dapat mengakibatkan anak sulit berkonsentrasi dan menyerap pelajaran. Gejala alergi juga bisa mengganggu tidur, sehingga anak akan bangun dalam keadaan lemas dan tidak segar pada keesokan harinya, sehingga fisik dan mental berada dalam keadaan yang kurang prima.

Alergi pun dapat menimbulkan keterlambatan bicara yang terjadi pada 3-15% anak. Satu persen di antaranya menjadi tidak bisa berbicara, 30% dapat pulih dengan sendirinya, dan 69% di antaranya mengalami gangguan berbahasa, kognitif, dan keluhan belajar lainnya. Gangguan bicara yang berat dapat terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun yang mengalami gejala alergi terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, alergi pun dapat mempengaruhi mood dan membuat anak menjadi agresif, hiperaktif, mudah marah atau histeris, dan sering berteriak. Sebaliknya, ada pula anak alergi yang menjadi pemalu, sulit bergaul, dan menarik diri dari lingkungan.

Melihat begitu banyak dan besarnya dampak alergi pada Si Kecil, sangatlah penting untuk mendeteksi alergi sejak dini. Alergi memang sulit dicegah dan disembuhkan, namun penanggulangan yang cepat dan tepat sangatlah penting. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai Si Kecil alergi, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk evaluasi dan tata laksana lebih lanjut.

Serba-Serbi Alergi AnakAlergi Mengganggu KecerdasanKecerdasan Dan Perilaku Si KecilPerilaku Si KecilAlergi MenggangguAlergi

Konsultasi Dokter Terkait