Sukses

Sudah Cukupkah Tidur Si Kecil?

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar Si Kecil. Oleh sebab itu, gangguan pada tidur dapat berpengaruh besar pada kesehatan sekaligus emosinya.

KlikDokter.com - Kebutuhan tidur Si Kecil sama pentingnya dengan kebutuhan akan nutrisi yang baik. Si Kecil yang tidak mendapatkan cukup tidur lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena mereka cenderung menginginkan makanan yang manis atau mengandung tepung pada siang harinya untuk memberi mereka energi agar tetap dapat beraktivitas.

Kurang tidur yang terjadi terus-menerus juga berpengaruh pada emosi Si Kecil, yakni menjadi mudah tersinggung, terlalu aktif, dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik sehingga mengalami kesulitan belajar. Sering kali gejala ini dikelirukan dengan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) ringan.

Lalu, seberapa lama tidur Si Kecil hingga bisa dibilang cukup? Berikut panduan perkiraan umum lamanya waktu tidur yang cukup berdasarkan usia:

Usia 1-3 tahun: Waktu tidur 12-14 jam per hari

Pada usia ini, Si Kecil sudah mulai kehilangan pola tidur di pagi hari. Ia masih tidur pada siang hari sebanyak sekali, kemudian dilanjutkan pada malam hari. Pada malam hari umumnya Si Kecil akan tertidur antara pukul 7 dan 9 dan bangun pagi antara pukul 6 dan 8.

Usia 3-6 tahun: Waktu tidur 10-12 jam per hari

Pada usia ini, umumnya Si Kecil akan tertidur antara pukul 7 hingga 9 malam dan bangun pagi antara pukul 6 dan 8. Ia masih tidur siang pada usia 3 tahun, namun kebiasaan tersebut akan mulai ditinggalkan pada usia 5 tahun. Selain itu, tidur siang berangsur-angsur menjadi lebih pendek.

Usia 7-12 tahun: Waktu tidur 10-11 jam per hari

Pada usia ini, dengan banyaknya kegiatan sosial, sekolah, dan acara keluarga, waktu tidur Si Kecil secara bertahap menjadi berkurang. Total waktu tidur per hari mulai dari 9 hingga 12 jam, meski rata-rata hanya sekitar 9 jam. 

Jika Si Kecil memiliki masalah tidur, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih tepat.

0 Komentar

Belum ada komentar