Kehamilan

Tips Ibu Hamil Mencegah Anemia

dr. Dina Kusumawardhani, 11 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selama kondisi kehamilan, ibu hamil rentan mengalami anemia. Berikut tips selengkapnya mencegah anemia.

Tips Ibu Hamil Mencegah Anemia

KlikDokter.com –  Kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi setiap ibu. Namun demikian ibu hamil juga memiliki risiko untuk dapat terganggu kondisinya baik untuk ibu dan janinnya. Salah satu yang cukup sering adalah anemia. Seperti yang diketahui bahwa anemia merupakan kondisi dimana adanya penurunan sel darah merah atau hemoglobin dari nilai normal. Dan pada prinsipnya, banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia.

Mencegah anemia sangatlah penting. Karena anemia pada kehamilan dapat berbahaya bagi ibu dan janin. Anemia dapat meningkatkan kejadian kematian pada ibu dan janin serta penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi ibu dan janin. Anemia pada kehamilan seharusnya dapat dicegah dengan baik, berikut beberapa rekomendasi untuk ibu hamil untuk mencegah anemia:

  1. Mencegah Anemia: Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin (antenatal care).

Kontrol kehamilan merupakan salah satu cara langkah mencegah anemia yang paling baik. Dengan cara memeriksakan diri dari mulai sebelum hamil, selama hamil sampai menjelang persalinan. Dokter akan melakukan pemeriksaan baik fisik maupun pemeriksaan penunjang lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan berkala dapat mendeteksi anemia secara dini.

  1. Mencegah Anemia: Konsumsi makanan tinggi zat besi yang cukup.

Zat besi memiliki peran yang penting selama kehamilan, khususnya pada pasien dengan anemia ataupun guna mencegah anemia, zat besi perlu didapatkan dari makanan yang tinggi zat besi seperti daging, kacang-kacangan, sayuran dan buah.

  1. Mencegah Anemia: Konsumsi asam folat.

Asam folat dapat mudah ditemukan pada makanan seperti jeruk, pisang dan sayuran. Namun saat ini biasanya ditambahkan konsumsi suplemen asam folat oleh dokter dalam, bentuk tablet, dan dapat dikonsumsi sebelum kehamilan guna langkah mencegah anemia.

  1. Mencegah Anemia: Konsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C.

Kedua vitamin ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kadar zat besi dan sel darah merah dalam tubuh untuk mencegah anemia. Vitamin ini dapat ditemukan pada susu dan makanan seperti jeruk dan lainnya. Dapat juga dikonsumsi vitamin suplemen.

  1. Mencegah Anemia: Menilai kondisi dan gejala.

Jika Anda memiliki gejala yang berhubungan dengan anemia seperti mudah lelah, pucat pada kelopak mata, ujung jari dan wajah, dianjurkan untuk dapat memeriksakan diri ke dokter. Dengan pemeriksaan dini dapat diketahui apakah kondisi tersebut berkaitan dengan anemia atau penyakit lainnya. Dengan demikian langkah mencegah anemia dapat terwujud dengan baik.

Perlu dukungan yang baik dari ibu, keluarga dan tenaga kesehatan dalam mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil dapat dicegah pada komplikasi lanjutan bila dapat dideteksi awal. Dengan tatalaksana yang tepat Ibu hamil dapat memiliki  nilai darah merah atau hemoglobin yang normal, sehingga dapat menjaga kondisi ibu dan janin dalam menghadapi infeksi dan menurunkan risiko kematian terhadap ibu dan janin. Kondisi ibu dan janin yang sehat berpengaruh terhadap kualitas hidup dari ibu dan janin dimasa mendatang. 

Tekanan Darah RendahDarah RendahSering PusingPencegahan AnemiaSakit DarahAnemia

Konsultasi Dokter Terkait