Sukses

Indonesia, Peringkat Lima Diabetes di Dunia

Kecenderungan jumlah penyandang diabetes di Indonesia semakin banyak bahkan tidak pernah menurun. Padahal, jika dibiarkan diabetes bisa memicu komplikasi dan menelan biaya penanganan yang tidak sedikit.

KlikDokter.com – Diabetes menjadi salah satu penyakit berbahaya di Indonesia. Namun, minimnya kesadaran membuat diabetes terus berkembang dan tidak pernah menurun. Hal ini tentu mengancam sistem pembiayaan kesehatan, mengurangi produktivitas, serta berdampak pada pengelolaan komplikasi yang ditimbulkannya.

Saat ini Indonesia memiliki jumlah penyandang diabetes terbesar kelima di dunia (9,1 juta). Bahkan WHO memproyeksikan diabetes akan masuk ke dalam 10 besar penyebab utama kematian pada 2030. Padahal, diabetes komplikasinya masih bisa dicegah dan ditunda dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mempertahankan berat badan ideal, aktif berolahraga, dan menghindari merokok.

Selain itu, penanganan diabetes semakin kompleks karena perjuangan Indonesia untuk mengembangkan sistem kesehatan yang responsif diperburuk oleh cakupan asuransi kesehatan yang tidak lengkap.

Efek penyakit diabetes berpotensi menghancurkan sistem kesehatan Indonesia dan ekonomi, karena itu diharapkan setiap warga Indonesia mampu waspada akan penyakit diabetes—sebagaimana waspada terhadap penyakit infeksi menular.

0 Komentar

Belum ada komentar