Kehamilan

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

dr. Dyah Novita Anggraini, 15 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak ada satupun perempuan yang ingin mengalami keguguran. Namun janganlah berputus asa, kesempatan untuk memiliki anak lagi tetap terbuka bagi Anda dan pasangan.

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

KlikDokter.com – Keguguran dapat terjadi pada calon ibu karena berbagai alasan. Ini tentu akan membuat Anda sedih dan terpukul. Namun, yakinlah bahwa Anda masih memiliki kesempatan untuk menjalani kehamilan yang sehat dan menjadi seorang ibu.

Jika Anda mengalami keguguran dan ingin segera hamil kembali, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Biasanya dokter akan menyarankan untuk hamil lagi setelah Anda mendapatkan tiga kali siklus menstruasi (setelah tindakan kuretase). Mengapa demikian? Rahim memerlukan masa penyembuhan setelah dilakukan tindakan kuretase. Kesiapan psikis serta fisik Anda pun perlu lebih dipantau.

Kehamilan yang baik membutuhkan persiapan kehamilan yang baik, dengan kesiapan tubuh yang baik juga. Berikut ini tips cepat hamil setelah mengalami keguguran:

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memulai persiapan kehamilan, sangat baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang sebelumnya merawat Anda. Dokter tersebut tentu sudah mengetahui riwayat kesehatan Anda dan kemungkinan penyebab Anda mengalami keguguran, sehingga dapat diberikan terapi yang optimal selama persiapan kehamilan.  

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi  

Persiapkan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah, serta vitamin dan mineral. Anda sebaiknya menghindari minuman kopi yang dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang sistem saraf.

  1. Mengonsumsi asam folat

Konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin. Selain suplemen yang mengandung asam folat, Anda juga bisa mendapatkan asam folat dari makanan berikut: sayuran berdaun hijau, serealia, serta buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buah jenis sitrus lainnya.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan merupakan salah satu faktor penentu dalam masa kehamilan. Berat badan yang kurang atau berlebihan bisa menjadi salah satu komplikasi selama kehamilan dan risiko mengalami kesulitan saat proses kelahiran.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin dua kali dalam seminggu, berhenti merokok dan minum alkohol. Kesemua hal ini erat kaitannya dengan kegagalan konsepsi.

  1. Berhubungan seksual di waktu yang tepat

Dua hari sebelum ovulasi dan dua hari sesudah ovulasi merupakan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan keturunan. 

cara cepat hamilMerencanakan KehamilanCara Cepat Hamil Setelah KeguguranKeguguran

Konsultasi Dokter Terkait