Kulit

Ini Bahayanya Jika Pakai Sabun Sembarangan

dr. Margaretha Indah Maharani Sp.KK, 21 Okt 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketahuilah, pakai sabun haruslah cermat! Salah-salah bisa kulit Anda yang rusak. Berikut kiat dari dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK untuk mencermati pemakaian sabun agar tidak sembarangan.

Ini Bahayanya Jika Pakai Sabun Sembarangan

KlikDokter.com - Kulit wajah perlu dilindungi kelembabannya supaya tetap sehat dan lembut. Wajah sering kali terpapar kotoran dan polusi secara langsung dari udara karena merupakan bagian tubuh yang terbuka, tidak tertutup pakaian. Pada perempuan,  kulit wajah juga seringkali tertutup oleh make-up. Jika make-up tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menimbulkan masalah pada kulit wajah. Pada sebagian orang yang memiliki jenis kulit berminyak, wajah perlu perhatian khusus. Minyak yang menempel dipermukaan kulit bercampur dengan keringat dan kotoran perlu dibersihkan dari wajah dengan seksama.

Apakah Anda tahu bahwa tidak semua sabun cocok digunakan untuk wajah?

Sabun merupakan penyebab iritasi yang ringan pada kulit. Penggunaan sabun yang berlebihan dapat menyebabkan reaksi iritasi akumulatif yang menyebabkan masalah pada kulit. Jika terjadi reaksi iritasi, kulit dapat menjadi gatal dan kemerahan, serta bersisik. Hindari sabun yang terlalu alkali (pH basa)karena pH yang tinggi menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Pilihlah sabun dengan pH rendah yang mendekati pH normal kulit, yaitu pH 4-4,5.

Sembarang memilih sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sabun yang aman biasanya memiliki komponen yang dapat membersihkan, dan sekaligus mengandung pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.

Perawatan KulitKulit KeringKulit sensitifCara Memutihkan Kulitmenghilangkan nodamemutihkan kulitWajah Bersih

Konsultasi Dokter Terkait