Sukses

Si Kecil Lebih Suka Ngemil Ketimbang Makan?

Ngemil sangatlah menyehatkan untuk Si Kecil, namun bisa menjadi masalah apabila ia lebih suka makanan camilan ketimbang makanan utama.

KlikDokter.com – Camilan, meski bukan makanan utama, haruslah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Namun, bagaimana jika Si Kecil lebih menyukai makanan camilan ketimbang makanan utamanya?

Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, cobalah Anda perhatikan: Apakah camilan yang Anda berikan pada Si Kecil sudah memenuhi syarat di bawah ini?

  • Berikan dengan porsi sesuai usia anak

Harap diingat bahwa porsi yang besar akan menurunkan nafsu makan anak saat waktu makan tiba. Jika camilan diberikan dalam jumlah besar atau berlebih, tentunya Si Kecil akan merasa kenyang pada jadwal makan utamanya.

  • Berikan antara waktu makan

Si Kecil boleh makan camilan setiap 3-4 jam, dengan catatan ia mengemil karena merasa lapar dan bukan sedang bosan. Selain itu, jangan biarkan Si Kecil mengemil menjelang makan utama.

  • Rencanakan pemberian camilan

Biasanya anak akan makan apa saja yang dekat dan mudah untuk diambil – jika yang tersedia kue kering atau permen. Apabila hal ini terjadi, tentunya Si Kecil akan merasa kenyang pada waktu makan utamanya. Jadi, pastikan Anda selalu menyimpan dan menyediakan camilan bergizi di meja ataupun kulkas. Selain itu, buatlah jadwal yang terarah agar Si Kecil dapat mengonsumsi camilan sekitar dua jam sebelum makan besar.

  • Bijak dalam memilih jenis camilan

Sebagian besar camilan yang dikonsumsi oleh anak bukanlah makanan yang baik untuk kesehatan mereka. Oleh karena itu, orangtua berperan penting untuk memberikan pilihan camilan yang lezat tapi sehat, seperti sayur dan buah segar yang divariasikan.

Jika Anda telah melakukan ini semua, namun Si Kecil tetap memilih camilan dibanding makanan utamanya, cobalah Anda lihat apakah makanan utamanya sangat membosankan? Ataukah, tidak ada variasi pada menu makanannya? Mungkin sudah saatnya Anda membuka resep masakan atau mencarinya di internet. Yang penting, tetaplah berusaha dan jangan bosan untuk mencoba setiap menu makanan sehat pada buah hati Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar