Sukses

Lari Mampu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Berlari kini menjadi olahraga yang mulai sering ditekuni, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Berlari  adalah salah satu cara yang paling efisien untuk membakar kalori. Jika Anda sudah rutin berlari, maka lakukanlah terus. Jika Anda belum berlari namun tertarik untuk menurunkan berat badan, berikut adalah empat alasan mengapa berlari merupakan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan:

  1. Berlari dapat membakar banyak kalori

Olahraga yang berintensitas tinggi seperti berlari dapat menstimulasi “afterburn” yang lebih dibandingkan olahraga yang berintensitas rendah. Artinya, jika membandingkan berlari dengan berjalan dengan jarak yang sama, studi menemukan bahwa berlari akan memicu penurunan berat badan yang lebih besar, bahkan pengeluaran energi di saat istirahat akan tetap tinggi setelah seseorang berlari.

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan pelari dan pejalan kaki, kalori yang terbakar melalui berlari akan menurunkan berat badan 90% lebih besar dibanding kalori yang terbakar melalui berjalan kaki.

Berikut manfaat dan keuntungan dari olahraga lari lainnya, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Lari Mampu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

  1. Berlari adalah waktu yang efisien

Terdapat mitos yang mengatakan bahwa berlari satu kilometer dan berjalan satu kilometer akan membakar jumlah kalori yang sama besar. Padahal yang benar, berlari adalah cara yang jauh lebih cepat untuk membakar kalori. Kebanyakan orang dapat berlari dua sampai tiga kali lebih jauh ketimbang dengan berjalan dalam jumlah waktu tertentu. Kesimpulannya adalah kalori yang terbakar per menit saat berlari akan lebih banyak dibanding dengan berjalan per menit.

  1. Berlari itu mudah

Banyak olahraga yang memerlukan peralatan maupun pakaian khusus, tidak seperti berlari yang hanya memerlukan sepasang sepatu lari saja. Dengan alasan tersebut, maka berlari adalah olahraga yang tergolong mudah dan juga murah. Anda pun bisa melakukannya kapan dan di mana saja, bahkan saat Anda pergi berlibur. Selain itu, berlari dapat membuat berat badan seseorang turun secara efektif.

  1. Berlari membuat seseorang gembira

Aturan pertama dari olahraga untuk menurunkan berat badan adalah Anda harus bisa menikmati dalam melakukannya. Terdapat penelitian yang mendukung bahwa berlari bisa membuat mood seseorang menjadi naik. Dengan demikian, sensasi gembira atau senang setelah berlari akan membuat seseorang “kecanduan” untuk melakukannya kembali. 

0 Komentar

Belum ada komentar