Sukses

10 Mitos Seputar Diet untuk Pengidap Diabetes

Banyak sekali mitos terkait makanan yang tidak boleh disantap oleh pengidap diabetes. Bisakah mitos ini dipercaya?

KlikDokter.com - Pernahkah Anda mendengar bahwa makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes? Atau mungkin seseorang mengatakan kepada Anda bahwa Anda harus berhenti mengonsumsi semua makanan favorit Anda saat sedang diet diabetes? Ada banyak kesalahpahaman tentang diet dan makanan bagi penderita diabetes. Karena itu, gunakan panduan ini untuk memisahkan fakta dari hanya sekadar mitos:

1. Makan terlalu banyak gula menyebabkan diabetes

Fakta: Terlalu banyak makan gula tidak otomatis menyebabkan diabetes. Sebaliknya, diabetes terjadi ketika sesuatu mengganggu kemampuan tubuh untuk mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi.

2. Terlalu banyak aturan dalam diet diabetes

Fakta: Pada dasarnya, panduan diet bagi penderita diabetes sangatlah sederhana. Anda cukup menjaga kadar gula darah senormal mungkin. Apakah Anda perlu melakukan penyesuaian dengan apa yang Anda makan? Tentu saja. Tapi sebenarnya tidak terlalu banyak yang berubah dari apa yang biasa Anda makan.

Berikut mitos seputar diabetes lainnya yang perlu Anda ketahui.

1 dari 2 halaman

10 Mitos Seputar Diet untuk Pengidap Diabetes

3. Karbohidrat buruk bagi penderita diabetes

Fakta: Karbohidrat baik untuk diabetes, bahkan menjadi fondasi untuk diet sehat menu diabetes. Namun, karena karbohidrat memiliki efek yang besar pada kadar gula dalam darah, maka penderita diabetes disarankan untuk mengawasi berapa banyak karbohidrat yang dimakan. adalah dasar dari diet sehat walaupun Anda memiliki diabetes atau tidak.

4. Protein lebih baik bagi penderita diabetes dibandingkan karbohidrat

Fakta: Banyak penderita diabetes yang memilih untuk makan lebih sedikit karbohidrat dan mengganti diet dengan lebih banyak protein. Namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih protein, apalagi jika konsumsi protein disertai dengan terlalu banyak lemak jenuh.

5. Selama ada obat diabetes, penderita bebas makan apa pun

Fakta: Jika Anda menggunakan insulin untuk penyakit diabetes Anda, Anda dapat belajar bagaimana menyesuaikan jumlah dan jenis makan yang Anda konsumsi. Tapi ini tidak berarti Anda dapat makan sebanyak yang Anda inginkan dan kemudian menggunakan obat tambahan untuk menstabilkan kadar gula darah.

6. Penderita diabetes harus pantang makanan favoritnya

Fakta: Tidak ada alasan untuk berhenti makan apa yang Anda sukai. Sebaliknya, cobalah mengubah cara memasak makanan favorit Anda, misalnya dipanggang dibandingkan dengan digoreng terlalu lama. Konsumsi juga makanan favorit Anda dalam porsi yang lebih kecil.

7. Hindari mengonsumsi makanan pencuci mulut

Fakta: Meskipun Anda memiliki diabetes, Anda tetap dapat menyantap dessert. Yang harus diingat adalah porsi. Anda bisa berbagi dessert dengan teman untuk mengurangi porsi yang biasa. Pertimbangkan untuk menggunakan pemanis rendah kalori, atau alih-alih makan es krim dan kue manis, cobalah buah, kismis, atau yoghurt.

8. Pemanis buatan berbahaya bagi penderita diabetes

Fakta: Sebagian besar pemanis buatan memang jauh lebih manis daripada jumlah gula yang sama, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih sedikit. American Diabetes Association menyetujui penggunaan sakarin, aspartame, acesulfame potassium, sucralose, dan stevia atau rebaudioside A. Anda dapat meminta seorang ahli diet mana yang terbaik untuk Anda gunakan.

9. Penderita diabetes harus memakan menu khusus penderita diabetes

Fakta: Sebenarnya, makanan yang sehat untuk penderita diabetes juga pilihan yang baik untuk nondiabetes. Perbedaannya hanyalah Anda harus memonitor apa yang Anda makan, termasuk jumlah kalori, karbohidrat, lemak, dan protein yang dikonsumsi.

10. Katering merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes

Fakta: Katering bisa sama sehatnya dengan makanan biasa atau makanan yang Anda persiapkan sendiri. Yang terpenting, Anda mengetahui bahan dan jumlah kalori yang ada pada makanan tersebut. Jika ragu, tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk saran.

0 Komentar

Belum ada komentar