Kesehatan Anak

Ajari Si Kecil Menyukai Kegiatan Outdoor

dr. Melyarna Putri, 22 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Melakukan kegiatan di luar rumah sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Ajari Si Kecil Menyukai Kegiatan Outdoor

KlikDokter.com - Ketika Si Kecil beranjak makin besar, kegiatan di dalam ruangan tampaknya kurang menarik lagi untuknya. Namun apabila kita lihat, banyak sekali anak yang lebih asyik dengan gawainya ketimbang melakukan permainan di luar.

Secara global, kebiasaan tersebut telah menjadi suatu kekhawatiran tersendiri. Sebuah survei terbaru di Taiwan menemukan bahwa 56 persen anak-anak usia 10 sampai 13 tahun memiliki smartphone, namun yang lebih mengejutkan adalah 25 persen anak-anak usia 2 sampai 5 tahun juga sudah memiliki smartphone.

Stimulasi yang tidak tepat seperti pemberian teknologi yang berlebihan pada rentang usia 0 sampai 2 tahun – ketika pertumbuhan otak sedang pesat-pesatnya – dapat menyebabkan efek negatif seperti ADHD (gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak), keterlambatan kognitif, dan penurunan kemampuan untuk mengendalikan diri (tantrum). Fakta tersebut sejalan dengan penelitian Cris Rowan, seorang ahli terapi okupasi dari British Columbia University, dalam artikelnya yang berjudul ”The Impact of Technology on Child Sensory and Motor Development”. Ia mengatakan bahwa pemberian teknologi pada anak di bawah 12 tahun akan menyebabkan kerugian dalam hal perkembangan dan pembelajarannya.

Kegiatan outdoor merupakan kegiatan yang sangat baik bagi perkembangan anak. Namun, aktivitas di luar rumah sering kali dianggap tidak terstruktur dan membahayakan, karenanya banyak orangtua yang merasa lebih aman jika anaknya bermain di dalam rumah. Padahal, ini bisa disiasati dengan selalu mendampingi anak ketika ia berada di luar rumah, serta tidak luput memakaikan anak alas kaki (sepatu) untuk mencegah kuman dan penyakit. 

Lantas, seberapa pentingkah melakukan aktivitas fisik di luar rumah? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya.

Ajari Si Kecil Menyukai Kegiatan Outdoor

Beraktivitas fisik secara rutin yang dilakukan oleh anak pada rentang usia sejak lahir hingga lima tahun memiliki efek yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut di antaranya:

  • Menurunkan Indeks Massa Yubuh (IMT) dan lemak tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Memperbaiki pembentukan tulang
  • Memperbaiki kemampuan kognitif, sosial, dan emosional
  • Mencegah obesitas
  • Meningkatkan kepercayaan diri

Yuk, mulai saat ini ajaklah Si Kecil beraktivitas di halaman. Kegiatan yang dapat dilakukan bisa dimulai dari yang sederhana seperti berlarian mengejar hewan peliharaan, bermain ayunan kecil, petak umpet, dan sebagainya. Buat Si Kecil merasa terhibur, agar ia menyenangi kegiatan di luar rumah. Selain itu, jangan sungkan untuk ikut bermain bersama Si Kecil karena dengan cara ini, Anda bisa lebih mendekatkan diri secara emosional dengannya.

BermainAnak BermainMenu Sehat BalitaAktivitas Anak Luar Ruangan

Konsultasi Dokter Terkait