Ibu Menyusui

Keajaiban ASI untuk Ibu dan Anak

dr. Karin Wiradarma, 11 Agu 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

ASI adalah makanan terbaik bagi buah hati Anda. Apa saja manfaatnya? Berikut selengkapnya bersama dr. Karin Wiradarma di sini.

Keajaiban ASI untuk Ibu dan Anak

KlikDokter.com - Di dalam ASI terkandung segala jenis gizi, vitamin, dan zat kekebalan tubuh yang diperlukan oleh bayi Anda. Karena begitu besarnya manfaat ASI bagi Anda dan sang buah hati, WHO (Badan Kesehatan Dunia) merekomendasikan agar ibu memberikan ASI eksklusif selama enam bulan kepada bayi. Setelah itu, bayi dapat diberikan makanan padat pendamping, sementara ASI dilanjutkan hingga usia dua tahun.

Berikut adalah manfaat-manfaat ASI untuk Si Kecil:

  1. Melindungi Bayi dari Penyakit

Penelitian telah membuktikan bahwa ASI dapat mengurangi angka kematian bayi sebesar 20% pada bayi yang disusui ASI dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat ASI.

Bayi yang mendapat ASI juga lebih terlindungi dari gastroenteritis (peradangan perut dan usus), penyakit pernapasan, infeksi telinga, dan meningitis. Ada beberapa penelitian yang juga telah membuktikan bahwa ASI dapat menurunkan kejadian kanker pada anak.

Tidak hanya melindungi semasa anak-anak, ASI juga memiliki manfaat hingga jangka panjang. Bayi yang mendapatkan ASI diteliti memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan penyakit radang usus ketika dewasa.

Mekanisme tersebut disinyalir berasal dari kandungan zat kekebalan tubuh, yaitu imunoglobulin A (Ig A) yang banyak terkandung dalam kolostrum. Kolostrum adalah ASI yang pertama kali dikeluarkan dari payudara, memiliki konsistensi agak kental, dan berwarna kekuningan. Ig A juga terkandung dalam ASI pada umumnya, hanya saja dalam konsentrasi yang lebih rendah. Ig A akan melapisi membran mukosa pada usus, hidung, dan tenggorokan bayi, sehingga melindunginya dari penyakit.

  1. Melindungi Bayi dari Alergi

Ig A juga berperan dalam melapisi dinding bagian dalam dari usus bayi, sehingga risiko memiliki alergi di kemudian hari akan lebih rendah. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang mengonsumsi susu formula memiliki risiko mengalami alergi lebih besar daripada bayi yang disusui ASI.

  1. Meningkatkan Kepintaran Anak

Telah banyak penelitian mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan ASI secara eksklusif memiliki skor IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan ASI. Tidak hanya kecerdasan kognitif, kemampuan berbahasa dan kecerdasan mental anak yang mendapatkan ASI juga ditemukan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Tidak hanya bayi yang mendapatkan berjuta manfaat ASI, Anda pun bisa! Inilah empat keuntungan dari menyusui buah hati Anda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Keajaiban ASI untuk Ibu dan Anak

Morinaga Platinum

Tidak hanya bayi yang mendapatkan berjuta manfaat ASI, Anda pun bisa! Inilah empat keuntungan dari menyusui buah hati Anda:

  1. Menurunkan Risiko Baby Blues

Para wanita yang menyusui anaknya didapati lebih rileks dan terhindar dari risiko baby blues, bahkan depresi pascamelahirkan. Hal ini terjadi karena menyusui bayi merangsang hormon oksitosin untuk dikeluarkan, sehingga menimbulkan perasaan bahagia dan tenang. Tidak hanya itu, oksitosin juga bermanfaat untuk memperkuat kontraksi rahim sehingga ibu terhindar dari perdarahan pasca melahirkan.

  1. Mempercepat Penurunan Berat Badan

Dengan menyusui bayi secara eksklusif, sisa berat badan yang masih membebani Anda, akan cepat terbuang, karena sebagian kalori yang digunakan untuk memproduksi ASI diambil dari cadangan lemak dalam tubuh. Anda pun dapat kembali langsing secara alami.

  1. Berperan Sebagai KB alami

Sebagian besar wanita yang menyusui bayinya secara eksklusif tidak mendapat haid hingga enam bulan. Selain mengurangi kerepotan mengganti pembalut dan mengalami nyeri menstruasi, hal ini juga bisa digunakan sebagai metode KB alami.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa wanita yang menyusui akan memiliki risiko lebih kecil terkena kanker payudara dan ovarium. Semakin lama Anda menyusui sang buah hati, semakin besar pula efek perlindungannya.

Alergi Susu Sapisusu formulaMakanan BalitaAnak MencretSusu Soyaalergi susu

Konsultasi Dokter Terkait