Sukses

Atasi Mood Naik Turun Saat Hamil

Atasi Mood Naik Turun Saat Hamil. Pada masa kehamilan, suasana hati seseorang bisa mudah berubah dan tidak terkontrol. Bila dibiarkan berlarut-larut, hal itu tentu akan sangat mengganggu. Bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya?

KlikDokter.com - Kehamilan merupakan momen yang sangat penting dan membahagiakan dalam kehidupan seorang wanita. Namun pada sisi lain, kehamilan juga memiliki dampak psikologis.

Mood swing atau perubahan emosi yang naik turun sering kali terjadi pada masa kehamilan. Tidak jarang kita jumpai kondisi ibu hamil yang terlihat fluktuatif, sesaat marah dan tak lama kemudian menangis. Apakah kondisi ini termasuk normal?

Secara umum, wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi daripada pria untuk memiliki gangguan mood dan depresi. Menurut Wharton dkk., risiko ini meningkat pada wanita apabila dikaitkan dengan naik turunnya kadar hormon estrogen selama siklus reproduksi.

Lukasse dkk. juga mengatakan, sebanyak 7,4% wanita hamil mengalami stres emosional pada usia kehamilan 17 minggu dan 6% wanita hamil mengalami stres emosional pada usia 30 minggu. Pada masa kehamilan, kondisi hormonal seorang wanita berubah secara drastis. Bukan hanya hormon estrogen, namun juga hormon lain seperti progesteron, corticotropin-releasing hormone (CRH), adrenocorticotropic hormone (ACTH), dan kortisol. Stres psikologis sering dikaitkan dengan keberadaan hormon kortisol, sehingga mudah dipahami mengapa wanita hamil cenderung lebih emosional.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

Atasi Mood Naik Turun Saat Hamil

Prenagen

Apabila tidak diatasi, kondisi mood yang naik turun tentu akan mengganggu kehidupan ibu hamil. Untuk meringankan emosi, para ibu hamil dapat mencoba kiat-kiat berikut ini:

1. Mintalah Bantuan

Jangan segan untuk meminta bantuan orang lain dalam menghadapi masalah. Sekadar mencurahkan isi hati dapat membantu melepaskan beban dan segala jenis emosi lainnya.

2. Bangun Hubungan dengan Suami

Suami merupakan pasangan hidup Anda. Berbagi cerita dan meluangkan waktu untuk bersenang-senang bersama suami akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis, serta membantu Anda untuk mengatasi keluhan-keluhan.

3. Berusaha untuk Tetap Tenang

Apabila suasana hati mulai negatif, berusahalah tetap tenang. Ambil napas panjang dan hembuskan, percayalah semua yang terbaik akan terjadi pada waktu yang tepat.

4. Memiliki Perspektif dari Sudut Lain

Masalah yang sama akan tampak berbeda apabila kita melihat dari sudut pandang yang berlainan juga. Ingat, berusahalah selalu untuk berpikir positif terhadap segala sesuatu.

5. Manjakan Diri

Lakukan aktivitas yang membuat Anda senang, misalnya dipijat, pergi menonton konser, dan sebagainya.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila Anda sulit tidur, sulit makan, dan mengalami mood swing yang berlebihan selama dua minggu atau lebih. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menangani keluhan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar