Kesehatan Umum

Cucilah Handuk Lebih Sering

Klikdokter, 13 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jika Anda baru saja selesai mandi dan menggunakan handuk yang sudah lembab untuk menyeka air, Anda mungkin akan melakukan bilasan ulang kembali setelahnya jika setelah Anda membaca artikel ini...

Cucilah Handuk Lebih Sering

Cucilah Handuk Lebih SeringKlikDokter.com – Jika Anda baru saja selesai mandi dan menggunakan handuk yang sudah lembab untuk menyeka air, Anda mungkin akan melakukan bilasan ulang kembali setelahnya jika setelah Anda membaca artikel ini.

Dalam sebuah handuk yang lembab karena tidak kering sempurna setelah pemakaian sebelumnya, maka pertumbuhan bakteri di handuk tersebut akan lebih banyak dan cepat. Sehingga justru bukannya mengeringkan air dari hasil bilasan yang Anda dapat, tapi justru Anda menyelimuti diri dengan sarang bakteri.

"Jadi, jika Anda selesai mandi dan menyeka badan dengan handuk lembab tersebut, Anda sama saja mengotorkan kembali badan Anda setelah mandi," demikian tutur seorang dokter spesialis kulit dari Charlotte Dermatology Penneville, North Carolina, Amerika Serikat, Gary Slaughter.

Jika sudah demikian, solusi paling tepat adalah menjaga kebersihan handuk dengan mencuci handuk lebih sering. Pada kebanyakan orang, mencuci handuk dilakukan sepekan sekali, dua pekan sekali atau bahkan ada yang sebulan sekali.

Jika demikian, maka pertumbuhan bakteri bahkan virus di handuk akan semakin tinggi dan menggunakan handuk sama saja akan membuat Anda berisiko jatuh sakit.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Cucilah Handuk Lebih Sering

Interval ideal yang cocok untuk mencuci handuk adalah 3 hari sekali. Tidak seberapa biaya yang keluar jika Anda jadi lebih sering mencuci handuk. Hal yang lebih mengerikan lagi adalah biaya perawatan dan pengobatan akibat penyakit yang dimunculkan oleh beberapa penyakit skabies,panu, patokan, penyakit staph, kurap dan kadas.

Masih banyak lagi penyakit kulit yang bisa ditimbulkan karena handuk kotor, karena pada prinsipnya kondisi lembab dan kotor handuk memungkinkan dan memudahkan virus lainnya untuk bercokol dan berkembang.

Jika Anda khawatir handuk cepat rusak karena menjadi sering dicuci, hindari penggunaan metode pencucian yang konvensional, Anda dapat menggunakan metode pencucian mesin yang lebih modern dengan hasil yang lebih baik dalam menjaga kualitas handuk.

Justru yang lebih ditakutkan adalah jika kesehatan Anda terganggu karena terpapar penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh handuk kotor. Cucilah handuk dengan baik dan benar menggunakan metode pencucian yang mendukung hasil kebersihan yang optimal. DA)

Konsultasi Dokter Terkait