Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi MulutCabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan?
Gigi Mulut

Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan?

Klikdokter, 13 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mungkin Anda pernah mendengar informasi bahwa pencabutan gigi dapat menyebabkan kebutaan. Benarkah demikian?

Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan?

Pernahkah Anda mendengar seseorang berkata, “Hati-hati kalau mau cabut gigi, nanti bisa buta, lho!” Apa sebenarnya tindakan pencabutan gigi itu? Benarkah pencabutan gigi dapat menyebabkan kondisi yang fatal seperti kebutaan?

Dalam praktik sehari-hari dokter gigi, tindakan dan perawatan yang dilakukan cukup variatif, mulai dari membersihkan karang, menambal, hingga memasang implan. Akan tetapi, pencabutan gigi tetaplah salah satu tindakan yang paling banyak dilakukan oleh dokter gigi. Biasanya pencabutan dilakukan karena kondisi gigi berlubang tersebut sudah tidak dapat ditambal dan dipertahankan lagi, sehingga bila tidak dilakukan pencabutan, justru akan membahayakan kesehatan jaringan di sekitarnya serta kesehatan tubuh.

Selain itu, terdapat beberapa keadaan yang memang membutuhkan tindakan pencabutan, seperti:

  • Perawatan pemasangan kawat gigi, guna memenuhi kebutuhan ruangan
  • Gigi yang berada di garis fraktur atau patahan tulang rahang, agar tidak menghambat penyembuhan atau menyebabkan infeksi
  • Gigi yang mengalami overeruption (kelainan posisi)
  • Gigi yang patah atau retak pada kondisi tertentu
  • Penyakit periodontal (penyakit pada jaringan pendukung gigi yang parah)
  • Gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan, seperti yang biasa terjadi pada geraham bungsu
  • Gigi supernumerary (gigi dengan jumlah yang berlebih)

Pada kondisi-kondisi di atas, maka mau tidak mau gigi harus dicabut. Namun dalam kenyataannya, banyak sekali orang yang menunda bahkan enggan melakukan pencabutan gigi dikarenakan rasa takut terhadap efek pencabutan gigi tersebut.

Tetapi, apakah benar pencabutan gigi bisa menyebabkan kebutaan? Halaman selanjutya penjelasan selengkapnya.

Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Kebutaan?

Kepercayaan yang berkembang di masyarakat adalah bahwa mencabut gigi, terutama gigi atas, dapat mempengaruhi mata atau menyebabkan kebutaan. Tentu saja hal itu hanya mitos belaka. Pencabutan gigi tidak menyebabkan kebutaan, dan karenanya tidak perlu dikhawatirkan.

Pencabutan gigi yang dilakukan sesuai dengan prosedur (termasuk pasien yang bersikap kooperatif dalam mematuhi larangan dokter gigi setelah pencabutan), maka tidak akan menimbulkan efek negatif atau berbahaya bagi tubuh. Jadi, bila Anda mempunyai masalah pada gigi dan dokter menyarankan untuk dilakukan pencabutan, Anda tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk melakukan pencabutan gigi.

Informasikan kepada dokter Anda mengenai kondisi kesehatan dan penyakit yang diidap (bila memang ada), karena beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, dan hipertensi sangat mempengaruhi tindakan pencabutan. Beritahukan juga jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Cabut Gigi Mata ButaKebutaanMasalah Gigi & MulutHarga Cabut GigiButa Akibat Cabut GigiApakah Cabut Gigi Menyebabkan Buta

Konsultasi Dokter Terkait