Diet dan Nutrisi

Berpuasa, Berat Badan Malah Bertambah. Apa Penyebabnya?

dr. Muhammad Anwar Irzan, 07 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

“Saya puasa kok malah beratnya naik?” Pertanyaan ini sering mengemuka. Salahkah hal tersebut? Berikut penjelasan dr. M. Anwar Irzan selengkapnya di sini.

Berpuasa, Berat Badan Malah Bertambah. Apa Penyebabnya?

KlikDokter.com - “Dapatkah saya menambah berat badan saat puasa?" - Ini adalah pertanyaan umum yang didapatkan dari orang-orang yang ingin dietnya berhasil selama berpuasa.

Jawabannya adalah, ya, berat badan Anda dapat bertambah meskipun Anda sedang berpuasa. Puasa adalah cara yang luar biasa untuk membuat perhitungan kalori anda menjadi berkurang,  dan sebagai hasil dari fakta puasa ini juga merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan lemak tubuh.

Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah pola makan yang dilakukan saat berpuasa ini salah?

Nah, jawabannya mungkin lebih sederhana dari itu.

Bisa jadi puasa berefek sangat baik untuk Anda, dan berpuasa selama sebulan penuh berhasil mengurangi jumlah kalori yang Anda makan dalam seminggu sebesar 22%. Sebuah penurunan yang sangat mengesankan sayangnya itu saja tidak cukup.

Pada saat bukan bulan puasa, rata-rata makanan yang terkonsumsi berlebihan sekitar 30% dari kebutuhan kalori Anda seharusnya. Namun jika Anda berpuasa, Anda dapat mengurangi jumlah yang Anda makan sebesar 22%, itu pun Anda masih surplus atau kelebihan kalori sekitar 8% lebih dari yang Anda butuhkan.

Hal yang pasti, puasa bukan jalan pintas untuk menjadi lebih kurus. Alasannya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

Puasa bukan merupakan jalan pintas untuk menjadikan Anda lebih kurus. Ada asupan yang harus tetap dimakan sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Jika kebutuhan ini terpenuhi, tubuh tidak akan “lebih lapar” dan keinginan untuk makan lebih banyak menjadi terhindarkan. Untuk menurunkan berat badan, Anda hanya perlu menyesuaikan makanan saat sahur dan berbuka, dengan kebutuhan kalori harian Anda.

Beberapa perubahan kecil harus Anda lakukan untuk mendapatkan takaran yang minus dari kebutuhan kalori Sangat mudah untuk makan berlebihan setiap Anda sahur maupun berbuka, hal ini sangat tidak dianjurkan, karena membuat metabolisme Anda menjadi lebih lambat. Perubahan kecil yaitu dengan menyesuaikan asupan selama sahur dan berbuka dapat memiliki efek yang besar bagi tubuh Anda di bulan Ramadan ini.

Obat diabetesPenanganan DiabetesPuasa DiabetesPola Makan Diabetes

Konsultasi Dokter Terkait