Kesehatan Umum

6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Kamu

dr. Muhammad Anwar Irzan, 22 Jun 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berpuasa tidak semata untuk beribadah, tetapi juga dapat dilakukan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan.

6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Berpuasa diketahui banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama karena berpuasa dapat mengurangi radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan mengurangi aktivitas kerja enzim, menyebabkan terjadinya mutasi, dan kerusakan dinding sel.

Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke, dicetuskan dan diperparah oleh senyawa radikal bebas. Berikut adalah 6 manfaat berpuasa lainnya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Selain itu, ketika berpuasa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama.

Banyak atlet sekarang ini menggunakan puasa sebagai sarana untuk menurunkan persentase lemak tubuh sebelum kompetisi.

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan Kamu untuk menolerir karbohidrat (gula) yang lebih baik daripada jika Kamu tidak berpuasa.

Penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk menurunkan kadar glukosa dari darah.

3. Meningkatkan Kecepatan Metabolisme

Puasa memberikan waktu sistem pencernaan Kamu untuk beristirahat, dan hal ini mampu membuat tubuh Kamu menggunakan energi untuk metabolisme yang digunakan saat membakar kalori. Puasa dapat mengatur pencernaan dan memberikan fungsi usus yang lebih sehat.

4. Membuat Panjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit Kamu makan semakin lama Kamu akan hidup. Penelitian menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka.

Salah satu efek utama dari penuaan adalah metabolisme lebih lambat; jika metabolisme Kamu lebih cepat, tentu akan membuat tubuh menjadi lebih muda.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa mampu meningkatkan produksi protein neurotropik yang dihasilkan oleh otak. Substansi ini mengaktifkan sel-sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf.

Protein ini juga melindungi sel-sel otak Kamu dari kelainan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan pembentukan sel kanker.

Itulah beberapa manfaat dari puasa untuk kesehatan tubuh. Jika Kamu ada pertanyaan terkait dengan topik puasa, Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu. Selamat berpuasa!

Obat diabetesPenanganan DiabetesPuasa DiabetesPola Makan Diabetes

Konsultasi Dokter Terkait