Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan BayiCara Merawat Gigi Pada Bayi
Kesehatan Bayi

Cara Merawat Gigi Pada Bayi

Klikdokter, 16 Jun 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pada umumnya, gigi bayi mulai bertumbuh saat usia 6 bulan. Pada masa ini, bayi membutuhkan perhatian khusus agar saat dewasa

Cara Merawat Gigi Pada Bayi

Perawatan gigi untuk sang buah hati sebenarnya dimulai ketika ia masih dalam kandungan. Ketika mengandung, supaya kelak pertumbuhan gigi sang buah hati sehat, sebaiknya ibu mulai mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi vitamin dan mineral.

Ibu hamil dianjurkan untuk memeriksa kesehatan gigi untuk mengecek apakah memiliki gigi berlubang atau penyakit gusi.

Biasanya awal mulainya pertumbuhan gigi pada bayi saat usia 6 bulan. Namun kadang ada yang lebih dari itu bahkan kurang karena setiap bayi memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda.

Cara Merawat Gigi Pada Bayi

Kebanyakan pada saat tumbuhnya gigi tidak disertai rasa sakit atau rasa yang tidak nyaman. Ketika gigi muncul maka gusi akan tampak kemerahan dan sakit pada beberapa kasus.

Beberapa tanda sang buah hati tumbuh gigi adalah sebagai berikut:

  • Sering berliur
    Pertumbuhan gigi merangsang pengeluaran air liur .

  • Sering menggigit
    Gigi yang tumbuh sering membuat bayi merasa tidak nyaman. Supaya nyaman, bayi akan mengigit apapun, mulai dari mainan hingga puting susu.

  • Rewel
    Mulut bayi akan terasa sakit saat gigi kecilnya menekan area gusi. Akibatnya, bayi merasa tidak nyaman yang menyebabkan rewel.

Nah, supaya pertumbuhan gigi sang buah hati tetap baik, alangkah baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jangan menggunakan alat makan yang sama
    Sebaiknya pisahkan alat makan seperti sendok, garpu, dan alat makan lainnya antara Anda dan sang buah hati. Bekas ludah Anda yang tertinggal pada alat makan mengandung bakteri penyebab gigi berlubang akan berpindah ke mulut sang buah hati. Akibatnya, sang buah hati pun akan mengalami gigi berlubang. Untuk mencegahnya, upayakan Anda selalu membersihkan gigi dengan menyikat atau membersihkannya minimal dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.

  • Hentikan kebiasaan minum susu dari dot
    Bila sang buah hati mulai berumur lebih dari 6 bulan, secara perlahan, stop kebiasaan minum susu dari dot apalagi sampai bayi tertidur . Sisa-sisa susu yang menempel pada dot mengandung gula yang bisa menempel pada gigi sang buah hati.

  • Jaga kebersihan rongga mulut
    Bersihkan rongga mulut sang buah hati selesai makan atau menyusui. Setelah giginya tumbuh, gunakan sikat gigi khusus bayi (finger toothbrush) atau dapat mengunakan kain kasa dengan air hangat untuk membersihkan giginya. JIka anak sudah beranjak besar dan dapat menyikat gigi, untuk kenyamanan dan kesehatan gigi & gusi si kecil, gunakan pasta gigi khusus untuk anak seperti pasta gigi khusus gigi susu. Serta ajak anak untuk kontrol ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

  • Jauhkan sang buah hati dari asap rokok
    Rokok dan asap rokok tidak baik untuk kesehatan, baik bagi Anda maupun sang buah hati. Asap rokok bisa menyebabkan gigi rusak dan penyakit gusi pada sang buah hati.

perawatan gigiCara Merawat Gigi Pada Bayi

Konsultasi Dokter Terkait