Diet dan Nutrisi

6 Strategi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

dr. Nadia Octavia, 18 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil jika Anda sendiri tidak memiliki motivasi. Lantas, strategi apa saja yang harus dilakukan agar program penurunan badan Anda sukses? Simak penjelasan dr. Nadia di sini.

6 Strategi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

KlikDokter.com - Terdapat ratusan jenis diet, program penurunan berat badan, obat pelangsing yang terlihat menjanjikan untuk menurunkan berat badan.

Namun, dasar untuk penurunan berat badan yang ideal sebetulnya adalah diet rendah kalori yang sehat dan dikombinasikan dengan olahraga.

Untuk hasil jangka panjang, Anda perlu membuat perubahan permanen pada gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah kiat jitu yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

1. Buatlah Komitmen

Menurunkan berat badan yang permanen memang membutuhkan waktu dan usaha, dan tentu saja yang tak kalah penting adalah komitmen jangka panjang. Pastikan Anda siap untuk menerima perubahan yang permanen dalam pola hidup Anda. Supaya bisa lebih berkomitmen menjaga berat badan, Anda harus tetap fokus. Dibutuhkan mental dan fisik yang prima untuk mengubah pola hidup Anda. Ketika Anda sudah siap untuk memulai rencana penurunan berat badan Anda, tetapkan tanggal dan mulailah.

Berikut kiat lainnya untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya.

2. Temukan Motivasi

Anda mungkin ingin menurunkan berat badan karena suami atau istri Anda merasa Anda terlalu gemuk. Namun sebetulnya yang paling baik adalah memotivasi diri sendiri. Buatlah daftar mengapa Anda perlu tetap fokus pada rencana ini, misalnya karena Anda ingin hidup yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Untuk semakin memotivasi diri, Anda bisa menempelkan note yang berisi semangat untuk diri Anda. Jika perlu, catat setiap kemajuan dalam rencana penurunan berat badan Anda di dalam jurnal. Misalnya, seberapa intens olahraga Anda hari ini, berapa berat badan Anda, dan lain-lain.

Berikut kiat lainnya untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya.

3. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan berat badan yang realistis. Jangan terlalu menekan diri Anda secara berlebihan. Misal, menurunkan berat badan 0,5-1 kg/minggu dianggap masih ideal. Untuk mencapainya, Anda perlu membakar ekstra 500-1000 kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi pada hari itu, misalnya melalui diet rendah kalori dan olahraga rutin.

Berikut kiat lainnya untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya.

4. Nikmati makanan sehat

Anda mungkin sering berpikir, makanan sehat itu pasti rasanya tidak enak. Namun nyatanya, menurunkan jumlah kalori pada makan tidak berarti mengurangi rasa pada makanan itu. Cobalah menyiapkan makanan Anda sendiri dengan menggunakan lemak "sehat" seperti minyak zaitun atau memilih roti gandum ketimbang roti tawar biasa. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi paling tidak 4 porsi sayur dan 3 porsi buah setiap hari. Dan yang terpenting adalah nikmati setiap prosesnya dan jadikan hal itu menjadi kebiasaan baru Anda.

Berikut kiat lainnya untuk menurunkan berat badan di halaman selanjutnya.

5. Olahraga

Pasti Anda sudah bosan mendengarnya. Namun nyatanya, olahraga memang merupakan poin penting yang perlu dilakukan bagi mereka yang ingin berat badannya hilang secara permanen. Olahraga yang rutin akan membantu membakar kalori yang Anda konsumsi. Selain itu olahraga juga memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti meningkatkan mood, menguatkan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Berapa jumlah kalori yang Anda bakar, tentu bergantung dari frekuensi, durasi dan intensitas olahraga Anda. Salah satu cara yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga aerobik seperti jalan cepat, minimal 30 menit setiap hari.

6. Ubah perspektif

Tidaklah cukup jika Anda makan makanan sehat dan berolahraga hanya selama beberapa minggu atau beberapa bulan, namun yang Anda inginkan adalah penurunan berat badan jangka panjang. Ubahlah cara pandang Anda dan tetapkan pada diri Anda bahwa kebiasaan ini harus dijadikan cara hidup dan dilakukan secara rutin.

Gaya Hidup SehatsehatamanmenurunkanBadanCaraBeratCepat

Konsultasi Dokter Terkait