HomeInfo SehatGigi Mulut7 Trik Agar Gigi Ngilu Cepat Berlalu
Gigi Mulut

7 Trik Agar Gigi Ngilu Cepat Berlalu

Klikdokter, 14 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Akibat gigi sensitif, makan dan minum jadi tidak enak karena timbul rasa ngilu yang sedang sampai menusuk

7 Trik Agar Gigi Ngilu Cepat Berlalu

Jika Anda mengalami rasa ngilu di gigi setelah makan makanan asam, manis, atau panas atau minum air dingin, artinya Anda memiliki gigi sensitif. Gigi sensitif banyak menjadi masalah umum yang dialami oleh banyak orang.

Akibat gigi sensitif, makan dan minum jadi tidak enak karena timbul rasa ngilu yang sedang sampai menusuk. Bahkan di beberapa kondisi, sekedar menarik napas dari mulut pun bisa menimbulkan sensasi ngilu.

Tapi apa yang menyebabkan terjadinya rasa ngilu ini? Gigi ngilu atau gigi sensitif diakibatkan terbukanya dentin (lapisan di bawah email gigi) sehingga rangsangan dari makanan dan minuman dapat langsung masuk melalui tubuli dentin yang berhubungan dengan serabut syaraf gigi dan menimbulkan rasa ngilu. 

7 Trik Agar Gigi Ngilu Cepat Berlalu

Anda bisa menghindari gigi sensitif dan merawat gigi sensitif sekaligus mencegah kerusakan yang lebih lanjut dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Mengurangi dan menghindari makanan dan minuman yang bersifat asam dan mengandung soda.
  2. Hindari kebiasaan menahan makanan dan minuman yang bersifat asam berlama-lama di mulut. Contohnya seperti menahan minuman soda dan kopi dalam mulut lebih lama, mengisap-hisap buah asam seperti jeruk dan biji mangga. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya erosi pada gigi yang memicu kondisi gigi sensitif. Biasakan menggunakan sedotan untuk meminimalisasi kontak minuman asam dengan permukaan gigi.
  3. Gunakanlah sikat gigi dengan ujung kepala kecil, membulat serta berbulu lembut, sikatlah gigi dari arah gusi ke gigi dengan tekanan ringan agar tidak menyebabkan penurunan gusi dan gigi sensitif.
  4. Menghentikan kebiasaan buruk menggertakan gigi atas dan bawah dan jika kelainan ini semakin parah dan tidak dapat dikontrol, dapat dikonsultasikan ke dokter untuk dibuatkan occlusal splint yang dipakai malam hari ketika tidur untuk melindungi gigi dari gesekan non fungsional saat malam hari
  5. Hindari menyikat gigi segera setelah makan atau minum sesuatu yang bersifat asam dan minuman bersoda, tunggu setengah sampai 1 jam.
  6. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, kandungan dalam pasta gigi ini seperti  hydroxyapatite (HAP), potassium citrate, sodium monofluorophospate dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik dan mengoptimalkan proses remineralisasi pada gigi.
  7. Konsultasi ke dokter gigi apabila rasa ngilu pada gigi masih menetap setelah penggunaan pasta gigi untuk mencari apakah gigi ngilu disebabkan gigi sensitif atau ada penyebab lain yang lebih parah

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM/DA)

Masalah Gigi & Mulut7 Trik Agar Gigi Ngilu Cepat Berlalu

Konsultasi Dokter Terkait