Diet dan Nutrisi

Inilah Manfaat dan Bahaya dari Pemanis Buatan

dr. Muhammad Anwar Irzan, 14 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penggunaan pemanis buatan pada produk makanan sudah banyak dilakukan. Namun, bagaimana dengan manfaat dan efek sampingnya?

Inilah Manfaat dan Bahaya dari Pemanis Buatan

KlikDokter.com – Sejumlah produsen pemanis pengganti gula menjelaskan manfaat kalori yang didapatkan dari pemanis buatan. Pemanis buatan dinyatakan mampu membantu dalam penurunan berat badan dan lain-lain.

Jika Anda mencoba untuk menurunkan asupan kalori harian, Anda mungkin tergoda untuk mengganti gula dengan salah satu dari beberapa pemanis buatan itu. Terlebih lagi, iklan untuk produk pemanis buatan sering memperlihatkan kemungkinan penurunan berat badan ketika konsumsi gula dari diet seseorang dikurangi.

Namun, apakah pemanis buatan benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan? Pertanyaan ini adalah salah satu hal yang sulit dijawab. Bagi sebagian orang, pemanis buatan dapat membantu, tetapi yang lain melaporkan efek samping negatif ketika memasukkan pengganti gula dalam diet mereka.

Berikut adalah manfaat dan bahaya dari pemanis buatan yang perlu diketahui:

Inilah Manfaat dan Bahaya dari Pemanis Buatan

Manfaat dari Pemanis Buatan

1. Rendah Kalori

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, mengganti gula dengan menggunakan pemanis dapat membantu Anda mengurangi kalori pada segala makanan atau minuman yang dikonsumsi.

2. Mudah Digunakan untuk Penderita Diabetes

Banyak penderita diabetes berjuang untuk beradaptasi dengan diet yang sangat ketat. Pemanis buatan dapat membantu memudahkan transisi yang sulit ini dan memungkinkan mereka untuk terus makan makanan favorit mereka.

Apa saja bahayanya pemanis buatan? Berikut penjelasannya.

Inilah Manfaat dan Bahaya dari Pemanis Buatan

Bahaya dari Pemanis Buatan

1. Kurangnya Nilai Gizi

Tidak banyak kandungan gizi yang didapatkan dari pemanis pengganti gula ini, karena efek yang diinginkan pun hanya sekadar dari indera perasa yaitu rasa manis.

2. Cita Rasa

Beberapa orang tidak merasakan perbedaan antara gula asli dan pengganti gula. Namun, beberapa pengguna pemanis pengganti gula merasakan bahwa rasa yang timbul tidak sama, sehingga ada efek ketidakpuasaan dalam konsumsi makanan dan minuman mereka.

gulaPenanganan DiabetesBuatanPemanis

Konsultasi Dokter Terkait