HomeGaya hidupDiet dan NutrisiRedakan Stres Dengan Minum Teh Hitam
Diet dan Nutrisi

Redakan Stres Dengan Minum Teh Hitam

Klikdokter, 13 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Teh hitam merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak diperdagangkan dan dikonsumsi. Khasiatnya pun beragam, salah satunya untuk mengurangi stres.

Redakan Stres Dengan Minum Teh Hitam

KlikDokter.com – Teh hitam terbuat dari daun tanaman yang sama dengan teh hijau, yakni Camellia sinensis. Dibandingkan teh lainnya, teh hitam lebih lama mengalami proses oksidasi (proses yang melibatkan oksigen berinteraksi dengan daun untuk memproduksi bahan-bahan aktif yang diperlukan). Berikut adalah tiga manfaat teh hitam bagi kesehatan:

Mengurangi Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam.

Melawan Sel-sel Kanker

Teh hitam memiliki zat antioksidan yang dapat mengurangi risiko berbagai macam kanker. Minum teh saja memang tidak mencegah sel-sel kanker berkembang, namun dapat digunakan untuk melawan sel-sel kanker lebih cepat

Selanjutnya di halaman berikutnya.

Mencegah Parkinson

Kandungan kimia alami dalam teh hitam, seperti polifenol dan flavonoid, tidak hanya ampuh untuk efek menenangkan tetapi juga dapat mengurangi risiko Parkinson.

Teh hitam aman bagi kebanyakan orang, bahkan jika diminum lima cangkir per hari. Namun berkonsultasilah kepada dokter apabila:

  • Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen, terutama stimulan 
  • Anda menderita anemia atau sistem iritasi usus
  • Anda sedang hamil, karena ada beberapa indikasi bahwa wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua cangkir teh hitam sehari
TehStrescantikhitamYou Are What You Eat

Konsultasi Dokter Terkait