Kesehatan Anak

Formula Cerdas Memilih Susu Formula

dr. Dewi Ema Anindia, 14 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketika bunda mulai selesai memberi ASI eksklusif, tiba juga saatnya mulai memilih susu formula untuk buah hati. Masalahnya tidak mudah memilih susu formula yang tepat untuk buah hati bunda. Sementara, mayoritas orangtua tidak paham faktor apa saja yang ha

Formula Cerdas Memilih Susu Formula

Klikdokter.com - Ketika bunda mulai selesai memberi ASI eksklusif, tiba juga saatnya mulai memilih susu formula untuk buah hati. Masalahnya tidak mudah memilih susu formula yang tepat untuk buah hati bunda. Sementara, mayoritas orangtua tidak paham faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk menentukan susu formula bagi buah hatinya.

Faktor pertama yang bunda harus perhatikan adalah mencari susu formula yang memiliki kandungan gizi mirip dengan ASI. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mencermati label kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan susu formula. Pastikan harga yang tertera memang sesuai dengan nilai nutrisi yang dimiliki produk yang ada.

Faktor kedua adalah usia si buah hati. Susu formula pada umumnya dibagi dua macam umur, 0 sampai 6 bulan dan 6 sampai 12 bulan. Pembagian ini berdasarkan pada kondisi pencernaan bayi. Bayi berumur 0 sampai 6 bulan belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna sedangkan bayi berusia 6 bulan lebih sudah memiliki sistem pencernaan yang dapat mengolah makanan selain ASI. Kandungan gizi di antara kedua jenis susu ini tentunya juga disesuaikan dengan usia buah hati. Penting untuk diingat dan diketahui, susu formula hanya diberikan dengan rekomendasi dokter karena indikasi kondisi tertentu. Tidak bisa diberikan sembarangan. Karena bagaimana pun, nutrisi yang terdapat di ASI tidak tergantikan.

Faktor terakhir adalah jenis susu formula. Secara garis besar, terdapat beberapa jenis susu formula yaitu:

Faktor terakhir adalah jenis susu formula. Secara garis besar, terdapat beberapa jenis susu formula yaitu:

  • Susu formula sapi,
  • susu formula soya/isolat protein kedelai,
  • susu protein hidrolisat (ada yang partial, ada yang ekstensif, susu asam amino),
  • susu formula bebas laktosa, dan
  • susu formula spesial untuk bayi prematur atau bayi dengan kondisi spesial.

Susu Formula Sapi

Susu formula sapi adalah susu formula paling banyak tersedia saat ini. Bahan utama susu formula jenis ini adalah protein susu sapi yang gampang dicerna oleh si kecil. Selain protein, susu formula sapi juga mengandung karbohidrat dan lemak susu sapi untuk mencukupi kebutuhan gizi buah hati.

Susu Formula Soya

Sedangkan susu formula bebas laktosa dan susu formula soya adalah susu formula yang dikhususkan untuk anak yang memiliki intoleransi laktosa yaitu kondisi di mana si kecil tidak mampu mencerna laktosa (gula alami dalam susu sapi).

Susu Formula Bebas Laktosa

Pada susu formula bebas laktosa, laktosanya telah diganti dengan jenis laktosa lain yang tidak berisiko meningkatkan intoleransi laktosa, sementara susu formula soya terbuat dari protein nabati yang mengandung sukrosa dan glukosa.

Ketiga faktor ini tentunya hanya sebagai pertimbangan dalam memilih susu formula. Jika Anda masih bingung, PENTING untuk berkonsultasi pada dokter spesialis anak tentang susu formula mana yang baik untuk si buah hati, agar pemberian susu formula tepat sasaran dan hanya berdasarkan penilaian kondisi medis tertentu. 

Pasalnya, bagaimana pun nutrisi ASI adalah yang terbaik dan tidak tergantikan untuk kebutuhan bayi. Oleh karenanya pentinglah adanyah pemberian ASI eksklusif pada anak Anda.

susu formulaSerba-Serbi Alergi Anak

Konsultasi Dokter Terkait