Kesehatan Bayi

Mengenal Susu Formula Lebih Dekat

dr. Dewi Ema Anindia, 14 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah bayi bunda sering menangis, muntah, dan perut kembung ketika diberikan susu formula? Kalau iya, artinya bunda harus mengkaji ulang susu formula yang diberikan pada sang buah hati.

Mengenal Susu Formula Lebih Dekat

Klikdokter.com - Apakah bayi bunda sering menangis, muntah, dan perut kembung ketika diberikan susu formula? Kalau iya, artinya bunda harus mengkaji ulang susu formula yang diberikan pada sang buah hati.

Biasanya orangtua dengan bayi yang memiliki gejala ini akan segera mengganti susu formulanya dengan merk lain. Asumsi mereka adalah gejala ini disebabkan oleh alergi susu.

Hal ini diperkuat oleh sebuah studi yang menemukan bahwa lebih dari setengah anak yang diberikan susu formula akan mengganti merk pada 6 bulan pertama. Tapi studi ini juga menemukan hanya 2% hingga 15% anak yang mengalami intoleransi susu formula.

Jadi bagaimana bunda tahu apakah si kecil mengalami masalah dengan susu formula atau tidak? Berikut ini cara mengenali tanda-tanda si kecil mengalami intoleransi susu formula dan menimbang kapan waktu tepat mengganti merk susu formula:

Jenis Susu Formula

Pertama kali yang bunda harus tahu bahwa ada beberapa jenis susu formula. Selain susu formula bebas laktosa dan susu formula spesial untuk anak lahir prematur atau anak dengan kondisi spesial, terdapat 3 jenis susu formula lainnya, diantaranya:

  • Susu Formula Sapi

Susu formula dari susu sapi yang mengandung protein susu sapi dan laktosa sebagai sumber karbohidrat. Susu formula jenis ini terkadang diberi tambahan zat besi.

  • Susu Formula Soya / Isolat Protein Kedelai

Susu formula dari isolat protein kedelai yang mengandung sumber protein dan jagung sebagai sumber karbohidratnya. Seperti halnya susu formula dari susu sapi, susu formula dari isolat protein kedelai juga diberi zat besi sebagai tambahannya.

  • Susu Protein Hidrolisat

Susu formula protein hidrolisat yang terbuat dari protein yang telah diolah sedemikian rupa supaya mudah dicerna oleh anak. Sumber karbohidratnya didapat dari olahan jagung atau sukrosa.

Untuk anak sehat, para ahli menyarankan susu formula susu sapi adalah yang terbaik. Selain murah dan mudah ditemukan di supermarket, susu formula susu sapi mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil.

Cermati Bahasa tangis Si Kecil, lakukan langkah yang cerdas setelah sebelumnya Anda mengkonsultasikannya kepada dokter yang berkompetensi. Karena bagaimanapun, hanya dengan evaluasi dan indikasi tertentulah anak bisa diberikan susu formula. Tidak bisa sembarang. Pasalnya, bagaimanapun nutrisi yang terdapat di dalam ASI tidak dapat tergantikan. Dan penting adanya proses pemberian ASI eksklusif kepada bayi.

susu formulaSerba-Serbi Alergi Anak

Konsultasi Dokter Terkait