HomeInfo SehatOtot dan Sendi6 Langkah Berdamai dengan Rematik
Otot dan Sendi

6 Langkah Berdamai dengan Rematik

Klikdokter, 09 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rematik bisa diatasi dengan 6 langkah sederhana berikut ini. Info selengkapnya disini.

6 Langkah Berdamai dengan Rematik

KlikDokter.com – Tidak selalu benar bahwa penyakit rematik tidak dapat disembuhkan. Pada beberapa penyakit rematik, misalnya nyeri sendi yang disebabkan oleh gejala infeksi virus, nyeri akan menghilang dengan sendirinya setelah imunitas tubuh melawan virus tersebut.

Meski demikian, ada jenis rematik yang memerlukan terapi jangka panjang dan harus dikendalikan dengan obat. Dengan 6 langkah ini, pasien bisa mengatasi atau mengurangi rasa nyeri, mencegah kecacatan, dan melakukan aktivitas seperti orang sehat pada umumnya:

1. Miliki berat badan yang ideal

Setiap kelebihan berat badan akan memberikan beban tambahan pada sendi sekaligus meningkatkan risiko kerusakan.

2. Posisi atau gerakan tubuh

  • Hindari posisi tidur dengan leher tertunduk atau dengan bantal yang tebal.
  • Hindari duduk di kursi yang kurang ergonomis (baik dan nyaman untuk duduk), menyilangkan kaki, atau berjongkok. Untuk wanita, sebaiknya hindari penggunaan sepatu hak tinggi

Halaman berikut ini adalah cara lainnya bebas dari rematik lainnya:

Cara Lainnya Terbebas Dari Rematik:

Neuralgin Rhema

3. Fisioterapi

Sesi fisioterapi sangat bermanfaat dalam mengembalikan kemampuan bergerak yang terganggu karena rematik. Konsultasikan dengan fisioterapis untuk mengetahui terapi apa yang paling tepat untuk Anda.

4. Penggunaan suplemen atau obat

Gunakan suplemen atau obat yang sesuai rekomendasi dokter dan memeriksakan diri secara teratur untuk mengetahui perkembangan kondisi penyakit.

5. Pola makan yang seimbang

Hindari makanan atau minuman yang tinggi purin seperti jeroan, seafood, daging merah, atau minuman beralkohol untuk mencegah naiknya kadar asam urat. Konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup.

6. Olahraga

Olahraga teratur 3 kali dalam seminggu akan membantu meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot serta tulang. Pilih olahraga yang tidak membebani sendiri, seperti berenang, berjalan, atau senam tai chi. Sebelum olahraga selalu lakukan pemanasan.

sakitGaya Hidup Sehat Bebas NyeriRematik

Konsultasi Dokter Terkait