Kesehatan Umum

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Klikdokter, 08 Mar 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kehadiran hewan peliharaan ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan. Info selengkapnya disini.

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

KlikDokter.com – Siapa sih yang tidak gemas melihat anjing atau kucing? Keberadaan mereka di rumah ternyata tak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga kesehatan fisiologis maupun psikologis. Dengan dukungan dari penelitian ilmiah, inilah 5 keuntungan memiliki hewan peliharaan:

1. Membangkitkan suasana hati

Bermain dengan hewan peliharaan mampu meningkatkan serotonin dan dopamin, dua zat kimia yang dapat menimbulkan rasa nyaman.

2. Menurunkan tekanan darah

Ketika seseorang merasa tertekan, dukungan yang datang dari hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana tidak? Melihat tingkah mereka yang lucu, Anda pasti akan langsung tertawa dan melupakan masalah sejenak.

3. Mengurangi risiko alergi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki penurunan risiko terkena alergi pada hewan. Studi tersebut juga menemukan bahwa anak-anak yang dekat dengan hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah terserang asma.

Berikut manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan lainnya:

Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan Lainnya

4. Membuat tubuh lebih aktif

Penelitian membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing lebih sering bergerak daripada orang yang tidak memelihara anjing. Bagaimana dengan mereka yang memelihara kucing atau iguana? Tentu mereka juga lebih aktif karena akan meluangkan banyak waktu untuk mengasuh hewan peliharaannya.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menggemaskan, hewan peliharaan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung terkait dengan tingkat kegemukan, tekanan darah, dan kolesterol.

sehathewanPeliharaan.Cantik Sehat

Konsultasi Dokter Terkait