HomeIbu Dan anakKesehatan AnakUsia Ideal Anak Bisa Diajarkan Naik Sepeda
Kesehatan Anak

Usia Ideal Anak Bisa Diajarkan Naik Sepeda

dr. Dyah Novita Anggraini, 24 Feb 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Peran motorik kasar dan motorik halus Si Kecil mempengaruhi penguasaan mengatur keseimbangan. Kapan usia ideal anak sebaiknya diajarkan keterampilan bersepeda? Selengkapnya bersama dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Usia Ideal Anak Bisa Diajarkan Naik Sepeda

Klikdokter.com – Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang digemari anak-anak. Dengan bersepeda anak dapat belajar berani, memperluas ruang eksplorasi dan interaksi, serta mengembangkan keterampilan motorik kasar.

Sering kali para orangtua bertanya, apakah anak saya sudah boleh bersepeda di usianya yang sekarang?

Sebenarnya, kemampuan seorang anak untuk mengendarai sepeda bergantung pada perkembangan fisik, koordinasi, dan penguasaan keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Kebanyakan anak siap untuk naik sepeda pada usia 5 tahun.

Memang benar bahwa seorang anak membutuhkan tingkat keseimbangan dan koordinasi tertentu untuk naik sepeda. Oleh sebab itu, anak-anak yang belum lancar berjalan tidak memiliki keseimbangan yang cukup untuk menggunakan sepeda. 

Halaman berikut menjelaskan usia-usia yang ideal untuk mengajarkan anak keterampilan bersepeda:

Usia Anak Diajarkan Naik Sepeda

3 dan 4 Tahun

Keterampilan motorik kasar anak-anak usia 3 dan 4 tahun telah berkembang secara signifikan. Mereka dapat berdiri pada satu kaki, berjalan berjinjit, memanjat, dan melompat. Tak heran bila anak 3 tahun sudah bisa mengayuh, menggunakan setang, dan mengoperasikan kendaraan roda tiga. Meski demikian mereka belum memiliki keseimbangan yang diperlukan untuk menaiki sepeda dua roda. Sediakan rem kaki untuk anak dalam kelompok usia ini, karena mereka belum dapat menggunakan rem tangan dengan aman.

4 dan 5 Tahun

Biasanya anak-anak usia 4 dan 5 tahun sudah tidak mau lagi mengendarai sepeda mainan, dan siap untuk naik sepeda yang lebih ‘rumit’ dan menantang. Hal itu bisa dimaklumi, mengingat anak 5 tahun telah memiliki keseimbangan dan koordinasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sepeda tanpa roda samping. Yang perlu diketahui, anak-anak dalam kelompok usia ini lebih berisiko tinggi untuk terjatuh dan cedera. Selalu awasi mereka dan ingatkan mengenai kemungkinan bahaya bersepeda di jalan raya atau tanpa pelindung kepala.

6 hingga 12 tahun 

Kebanyakan anak usia 6 tahun sudah bisa naik sepeda tanpa roda samping. Ia juga telah memiliki tingkat kewaspadaan terhadap bahaya dan cedera. Anda 6 tahun juga sudah memiliki koordinasi yang diperlukan untuk menggunakan rem tangan.

Penting!

  • Beli sepeda dengan ukuran yang sesuai untuk anak.
  • Ingatkan untuk selalu memakai pelindung kepala.
  • Gunakan reflektor atau pakaian cerah jika naik sepeda pada malam hari.
  • Bila Anda sedang bersepeda bersama anak, posisikan diri di belakangnya. 
SepedaAnakInfo

Konsultasi Dokter Terkait