Sukses

Minuman Bersoda Penyebab Haid Lebih Awal

Harvard University menerangkan penyebab menstruasi datang lebih awal adalah salah satunya minuman bersoda. Berikut penjelasannya >>

KlikDokter.com - Penelitian di Harvard University menerangkan bahwa cepatnya tanggal awal menstruasi (menarche) seorang perempuan muncul bisa berkaitan dengan konsumsi minuman manis bersoda. Penelitian ini menerangkan bahwa perempuan yang minum satu setengah gelas minuman manis bersoda dalam sehari akan mengalami menstruasi 2,7 bulan lebih cepat daripada perempuan yang tidak mengkonsumsi minuman tersebut.

Mengapa jika menarche muncul lebih awal menjadi masalah? Hal ini dikarenakan pubertas yang terlalu dini dapat meningkatkan risiko kanker payudara, yang dipercaya berhubungan dengan semakin memanjangnya paparan seseorang terhadap hormon estrogen.

Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun atau pada masa awal remaja di tengah masa pubertas sebelum memasuki masa reproduksi, namun rata-rata terjadi pada usia 12 tahun. Menarche salah satu tanda bahwa remaja tersebut telah mengalami perubahan didalam dirinya dan juga disertai dengan berbagai masalah dan perubahan – perubahan baik fisik, biologi, psikologik maupun sosial.

Jika usia menstruasi pertama dimulai pada umur 8 tahun dikenal dengan nama menstruasi praecox.

Penyebab usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, penyebab lainnya menarche dini selain asupan minuman manis bersoda, dijelaskan di halaman berikut: 

1 dari 2 halaman

Penyebab lainnya menarche dini selain asupan minuman manis bersoda:

  • Genetik (keturunan)
  • Nutrisi
  • Peningkatan berat badan saat usia anak-anak (overweight dan obesitas). Beberapa penelitian menjelaskan bahwa peningkatan indeks massa tubuh saat di masa kanak-kanak mempunyai keterkaitan dengan terlalu dininya menarche muncul pada seorang perempuan. Lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat memicu perubahan hormone insulin, leptin dan estrogen, dimana ketiga hormone ini dipercaya dapat berperan dalam perubahan waktu munculnya masa menarche yang disebabkan oleh gangguan obesitas tersebut.
  • Asupan protein yang meningkat. Asupan protein hewani yang sangat tinggi pada umur 3-7 tahun pada beberapa penelitain berhubungan dengan munculnya menarche lebih awal. Sebaliknya asupan protein nabati di umur 5-6 tahun berhubungan dengan lambatnya menarche. Asupan protein yang tinggi meningkatkan hormone pertumbuhan yang secara tidak langsung dapat memicu terjadinya pubertas lebih dini.
  • Asupan produk olahan susu yang tinggi juga dapat memicu munculnya menarche lebih dini.
  • Kurangnya asupan nutrisi yang bergizi.

0 Komentar

Belum ada komentar