Seks

Ini Akibatnya Jika Memakai Kondom Dengan Tergesa-gesa

dr. Muhammad Anwar Irzan, 02 Jan 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terburu-buru saat memakai kondom dapat menyebabkan masalah kelamin. Bukan main-main, simak disini penjelasan dr. Anwar Irzan selengkapnya.

Ini Akibatnya Jika Memakai Kondom Dengan Tergesa-gesa

KlikDokter.com - Terburu-buru saat memakai kondom dapat menyebabkan masalah kelamin. Bukan main-main, pasalnya menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, memakai kondom yang tergesa-gesa dapat meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

Responden penelitian hampir 60 persen adalah wanita, dimana mereka melaporkan kerusakan kondom, kebocoran dan slip terjadi ketika pasangan mereka mengenakan kondom dengan terburu-buru.

Dari penelitian yang sama, peneliti menemukan pasangan yang terburu-buru juga lebih mungkin untuk tidak menggunakan kondom karena beragam faktor.

Data penelitian yang digunakan dikumpulkan dari 2007 sampai 2011 dari 512 pria dan wanita yang mencari pengobatan di lima klinik kesehatan AS yang mempunyai reputasi untuk mendiagnosis dan mengobati infeksi menular seksual.

Para peserta yang usianya berkisar dari 15 sampai 65, mencatat kegiatan seksual mereka dalam buku harian online hingga 180 hari. Secara total, didapatkan data 8.856 hubungan seks antara laki-laki dan perempuan yang menggunakan kondom.

Pada sekitar 7 persen dari mereka melaporkan berhubungan seksual dengan terburu-buru saat mengenakan kondom. Dari 7 persen tersebut, 5 persennya terjadi kondom rusak, terlepas dan bocor.

Selain itu, 22 persen dari orang-orang yang bergegas dalam berhubungan seks dan ingin menggunakan kondom dilaporkan akhirnya memilih untuk tidak menggunakan kondom selama berhubungan seks.

Penyakit apa sajakah yang bisa berisiko muncul akibat mengenakan kondom terburu-buru? Berikut penjelasannya:

Penyakit Apa Saja yang Muncul Jika Memakai Kondom Tergesa-gesa?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa penggunaan yang teratur dan benardalam menggunakan kondom mengurangi risiko infeksi seperti Chlamydia dan gonorrhea yang ditularkan oleh cairan seksual. Hal ini juga mengurangi risiko kondisi seperti herpes.

Penggunaan konsisten dan secara benar juga efektif dalam mengurangi risiko tertular HIV, virus yang menyebabkan AIDS, menurut CDC. Hal ini juga dapat mengurangi risiko human papillomavirus (HPV), yang dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

"Kondom bekerja dengan sangat baik untuk mencegah infeksi menular seksual bila digunakan dengan benar dan konsisten," kata Shrier Peneliti dari Pusat Studi Harvard University, Amerika.

Dr. Shrier mengatakan orang harus diajarkan untuk lebih rileks, berhati-hati dan fokus saat memakai kondom untuk mencegah jenis kesalahan yang mereka temukan dalam penelitian ini.

Adalah penting bagi Anda dan Pasangan untuk memahami resiko yang terjadi jika terjangkit Infeksi Menular Seksual. Hal ini akan menambah kewaspadaan anda, dalam hal ini penggunaan kondom dengan cara yang benar.

HubungansehatKondomVaginaSeksKontrasepsi

Konsultasi Dokter Terkait