Sukses

Inilah Ciri-ciri Anda Memiliki Sperma yang Sehat

Memiliki sperma yang sehat ternyata ada gejala dan tanda-tandanya. Apakah Anda memiliki sperma yang sehat? Yuk telusuri lebih jauh bersama dr. Alvin Nursalim disini.

sperma sehatKlikdokter.com - Sperma merupakan cairan yang dikeluarkan pria saat ejakulasi. Cairan ini mengandung sel spermatozoa dan penting dalam proses pembuahan. Sperma akan bersatu dengan sel telur untuk selanjutnya berkembang menjadi bakal bayi. Untuk terjadinya pembuahan, diperlukan kualitas sperma yang baik.

Bagaimana kualitas sperma yang baik? Mari kita simak beberapa karakteristik sperma yang normal. (Baca: 5 Hal Penyebab Sperma Sehat

1. Volume Cairan Sperma

Volume sperma yang dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi adalah sekitar 2-5 ml. Cairan sperma yang baik adalah sperma yang kental dan tidak cair. Jika sperma yang keluar kurang dari 1,5 cc maka volume sperma sedikit dan membuat ejakulasi menjadi kering.

Kemudian tahukah Anda, warna cairan sperma juga menjadi patokan status kesehatan Anda? Berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Cara Menilai Sperma yang Sehat

2. Warna cairan sperma

Sperma umumnya berwarna putih keabuan. Jika air mani berwarna kemerahan, maka diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk menentukan penyebab dari warna kemerahan tersebut. Salah satu penyebab warna kemerahan dari sperma adalah adanya darah pada sperma, yang dapat disebabkan oleh sumbatan saluran kencing atau infeksi. Sedangkan jika warna sperma menjadi kuning, bisa jadi disebabkan oleh infeksi di saluran kencing.

3. Bau Cairan Sperma

Cairan sperma yang normal berbau seperti daun akasia. Jika sperma Anda menjadi berbau amis, maka perlu diwaspadai adanya infeksi pada saluran kencing, prostat atau struktur lain sepanjang saluran kencing. (BacaBahayakah Bila Sperma Tertelan?)

4. Komposisi Sperma

Hanya sebagian kecil cairan sperma yang terdiri dari sel sperma, namun sekitar 95% dari cairan sperma adalah cairan yang dikeluarkan oleh prostat atau vesikula seminalis. Untuk mengetahui kesehatan sel sperma, diperlukan analisis cairan sperma. Analisis sperma dilakukan dengan mengamati cairan sperma dibawah mikroskop. Sperma yang sehat haruslah cukup banyak, yaitu dalam 1 ml mengandung berkisar 20 juta sel sperma, berbentuk  normal dan bergerak cepat ke depan. (Baca5 Makanan untuk Sperma Sehat).

 

Baca juga:

Ketika Air Mani Terus Menerus Keluar

Bahayakah Bila Sperma Tertelan?

5 Makanan untuk Sperma Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar