Sukses

9 Cara Alami Atasi Alergi

Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal atau bersin-bersin tiba-tiba setelah makan atau menghirup sesuatu? Itu artinya Anda memiliki alergi, sebuah kondisi ketika tubuh terpapar zat atau benda asing bersifat alergen, sistem antibodi kita bereaksi berlebihan

Klikdokter.com - Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal atau bersin-bersin tiba-tiba setelah makan atau menghirup sesuatu?

Itu artinya Anda memiliki alergi, sebuah kondisi ketika tubuh terpapar zat atau benda asing bersifat alergen, sistem antibodi kita bereaksi berlebihan menimbulkan gejala-gejala alergi parah seperti:

  • peradangan,
  • kulit memerah,
  • eksema,
  • bengkak,
  • bintik-bintik merah, dan
  • asma.

Alergi dapat dipicu oleh makanan seperti seafood, kotoran dari polusi, serangga, serbuk sari, bulu binatang, jamur dan masih banyak lagi. Terkena alergi itu bisa menyebalkan hingga mengkhawatirkan.

Nah, bila Anda memiliki alergi, sebaiknya mempraktikan beberapa tips untuk mencegahnya datang lagi:

1 dari 3 halaman

Tips Alami Mencegah Alergi

1.       Pastikan Rumah Bersih

Setiap kali masuk ke dalam rumah, tanpa disadari, Anda mempersilakan zat alergen ikut masuk. Zat-zat alergen ini menempel di pakaian, sepatu, rambut, dan kulit Anda. Mandi setelah beraktivitas di luar, membersihkan rumah secara rutin, atau meninggalkan sepatu di luar rumah akan menjaga rumah Anda bebas dari zat alergen.

 

2.       Pasang Filter Udara

Salah satu penyebaran zat alergen adalah melalui udara. Dengan memasang filter udara di AC atau jendela, tingkat penyebaran zat alergen di dalam rumah akan turun hingga 95%. Cara lain yang jitu adalah dengan menutup jendela supaya serbuk atau debu tidak masuk ke dalam rumah.

3.       Kenakan Masker

Mengenakan masker dapat membantu zat alergen masuk ke dalam hidung. Kenakan di saat Anda membersihkan rumah. Pilih masker yang berbahan N95 yang bisa menyaring partikel kecil seperti serbuk sari atau debu yang dapat memicu alergi Anda.

4.       Konsumsi Makanan Sehat

Studi menyatakan bahwa anak yang rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah lebih kuat melawan alergi. Jadi, cobalah memasukkan sayuran atau buah-buahan di dalam menu makan Anda.

5.       Minum Banyak Air

Meminum banyak air membantu menipiskan mucus di saluran napas untuk meringankan alergi Anda.

Berikut ini masih ada beberapa kiat alami lainnya untuk membantu Anda mengatasi alergi:

2 dari 3 halaman

Kiat Alami Mengatasi Alergi

6.       Membersihkan Rumah dengan Cara Aman

Hati-hati dengan alat pembersih rumah Anda. Alih-alih membersihkan rumah, alat-alat tersebut malah memicu alergi Anda semakin parah. Beberapa produk pembersih rumah mengandung zat kimia yang bisa mengiritasi saluran hidung. Agar aman, Anda bisa memakai produk yang aman seperti cuka atau baking soda untuk membersihkan debu atau kotoran. Atau beli penyedot debu yang sudah dilengkapi HEPA filter untuk menyaring zat alergen.

7.       Penguapan

Mengirup uap adalah cara simpel melegakan saluran pernafasan. Duduk di hadapan wadah berisi air panas lalu tutupi kepala dengan handung dan hirup uapnya. Bila dilakukan secara rutin, metode penguapan ini bisa mengurangi gejala alergi Anda.

8.       Hindari Asap Rokok

Asap rokok bisa memicu atau bahkan memperparah alergi Anda. Jadi bila Anda merokok, stop sekarang juga dan jauhi orang atau tempat yang penuh asap rokok.

9.       Terapi Alami

Ada banyak obat alami untuk meredakan alergi. Misalnya suplemen tanaman obat dari ekstrak daun tanaman stinging nettle atau dari bunga Magnolia, Xanthium, Mint, Dandelion dan lainnya.

 

0 Komentar

Belum ada komentar