Reproduksi

Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual dalam Rongga Mulut

Tim Redaksi KlikDokter, 10 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, bahwa Anda dapat mengamati beberapa gejala penyakit menular seks dari kondisi mulut? Simak selengkapnya oleh drg. Arni Maharani disini.

Tanda-tanda Penyakit Menular Seksual dalam Rongga Mulut

Klikdokter.com – Tahukah Anda, bahwa Anda dapat mengamati beberapa gejala penyakit menular seks dari kondisi mulut? Dengan mencermati isi artikel berikut ini, Anda dapat terbantu dalam menentukan seseorang yang layak sehat dan aman untuk Anda guna dipilih menjadi pasangan hidup, dan lebih berhati-hati menentukan seseorang sebelum Anda ajak ke tahap berikutnya.

Penyakit-penyakit seks lebih berisiko terjadi pada usia remaja dan dewasa muda melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit-penyakit menular seksual ini adalah bakteri, virus dan jamur. Terdapat 5 macam penyakit menular seksual yang mempunyai tanda dalam mulut.

-Gonore

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoea yang menular melalui hubungan seksual dari alat kelamin, mulut atau anus. Gejala yang terdapat dalam mulut yaitu stomatitis, atropi papila lidah bagian tengah, terdapat nanah yang keluar dari gusi dan selain itu juga terjadi atritis pada sendi rahang.

- Herpes genital

Virus herpes simpleks yang menyebabkan penyakit ini dapat menimbulkan infeksi di beberapa bagian tubuh dan salah satunya pada rongga mulut, infeksinya berupa penyakit gingivostamatitis yang menyerang gusi. Terdapat juga infeksi rekuren pada area wajah dan bibir yang dikenal dengan herpes labialis atau fever blister atau cold sore dengan bentuk berupa vesikel/gelembung berisi cairan yang berkelompok di daerah tepi bibir.

- HIV/AIDS

Menurunnya imunitas tubuh pada penderita penyakit ini menyebabkan timbulnya berbagai infeksi dan infeksi-infeksi ini mempunyai manifestasi didalam rongga mulut. Infeksi jamur Candida albicansmerupakan hal yang sering ditemukan dalam rongga mulut, dan selain itu juga sering ditemukan lesi/luka dari penyakit kaposi sarcoma, hairy leukoplakia, non-hodgkin’s lympoma, linear gingival erythema, periodontitis, dan Necrotic ulcerative Gingivostomatitis.Jamur Vagina di Dalam Mulut)

- Sifilis

Penyakit ini menimbulkan lesi/luka yang dapat timbul dalam rongga mulut pada tiap stadiumnya. Lesi dalam rongga mulut yang timbul pada stadium awal dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktuu 3-8 minggu. Pada stadium 2 lesi berupa bercak merah, bulat atau oval dan timbul papula. Pada stadium akhir terdapat lesi yang timbul pada langit-langit rongga mulut dan lidah mengalami atropi, berfisur juga sering terdapat lesi/luka.

- Human Papiloma Virus

Selain dalam rongga mulut lesi/luka yang timbul bisa terdapat pada tenggorokan, serviks, vagina, penis dan anus. Bentuk dari lesi ini berupa benjolan-benjolan kecil yang berjumlah tunggal atau jamak dengan permukaan yang tidak rata berwarna abu-abu, merah muda dan kuning.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.comdi laman website kami.[](AM)

Seks Mulut Gejala PenyakitA-Z PMS (Penyakit Menular Seks)

Konsultasi Dokter Terkait