Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilan6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil
Kehamilan

6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

Klikdokter, 25 Feb 2011

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebelum hamil, mungkin Anda selalu sarapan dengan kue kering dan secangkir latte yang cepat, mudah, dan tidak terlalu sehat tentunya. Begitu hamil, tentu...

6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil

Sebelum hamil, mungkin Anda selalu sarapan dengan kue kering dan secangkir latte yang cepat, mudah, dan tidak terlalu sehat tentunya. Begitu hamil, tentu Anda harus lebih berpikir dengan lebih hati-hati tentang apa yang akan Anda konsumsi, karena makanan yang Anda makan kini merupakan sumber gizi utama bagi calon bayi Anda.

Selama kehamilan, Anda akan membutuhkan protein dan kalsium untuk pertumbuhan jaringan pada janin dan juga pembentukan tulang janin. Pun, Anda juga akan membutuhkan tambahan asam folat untuk mengurangi risiko bayi Anda terlahir cacat, serta lebih banyak lagi zat besi untuk membantu sel-sel darah merah dalam meneruskan oksigen ke bayi Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi calon bayi, Anda perlu untuk mengkonsumsi makanan-makanan penuh nutrisi seperti berikut ini:

  1. Gandum

Roti dan sereal gandum adalah makanan-makanan yang diperkaya dengan asam folat dan zat besi, kandungan serat dari makanan-makanan ini juga lebih tinggi daripada roti putih dan nasi biasa. Usahakan untuk menyertakan gandum ke dalam menu makanan Anda: oatmeal untuk sarapan, sandwich dari roti gandum untuk makan siang, dan pasta gandum atau beras merah untuk makan malam Anda.

  1. Kacang-kacangan

Saat hamil, Anda juga harus tetap menjaga berat badan agar tidak berlebih sehingga terhindar dari resiko terkena diabetes. Tambahkan kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang putih, kacang pinto, kacang lentil, kecambah, kacang garbanzo, atau kacang kedelai ke dalam menu diet Anda. Cobalah untuk memodifikasi kacang-kacangan tersebut ke dalam makanan seperti sup, salad, ataupun hidangan pasta. Selain mengandung protein dan serat, kacang-kacangan ini juga merupakan sumber nutrisi yang penting, seperti zat besi, folat, kalsium dan zat seng (zinc).

  1. Salmon

Zat Omega-3 dapat meningkatkan perkembangan otak dan visi pada janin, dan salmon adalah sumber terbesar dari zat tersebut. Selain itu, salmon juga sumber dari protein dan juga vitamin B. Salmon memang relatif rendah merkuri dibandingkan dengan ikan lainnya, tetapi batasilah dalam mengkonsumsinya agar tidak lebih dari 12 ons ikan salmon per minggu untuk meminimalkan adanya kandungan merkuri.

  1. Telur

Telur memang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Makanan yang merupakan sumber protein ini menyediakan asam amino yang baik untuk Anda dan juga janin Anda. Telur juga mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin dan lutein, tetapi pastikan untuk memasak telur sampai matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, karena telur setengah matang atau mentah dapat menyebabkan keracunan pada ibu hamil.

  1. Berries

Blueberry, raspberry, dan blackberry adalah buah-buahan yang lezat dan kaya akan vitamin C, kalium, folat, dan juga serat. Anda dapat menambahkan buah-buahan ini ke atas pancake atau sereal Anda, atau bahkan Anda bisa membuat smoothies dari buah-buahan ini.

  1. Yogurt Rendah Lemak

Satu cangkir yogurt yang polos dan rendah lemak mengandung lebih banyak kalsium daripada susu, selain itu yogurt ini juga mengandung protein yang tinggi dan tidak terdapat tambahan gula. Tambahkan yogurt dengan buah-buahan atau sesuatu yang renyah seperti sereal gandum.

Anda juga akan membutuhkan susu khusus ibu hamil yang mengandung berbagai nutrisi mikro dan makro untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan nutrisi tambahan ibu hamil dalam sehari dapat terpenuhi. Jika masih ragu-ragu, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter atau ahli gizi Anda.[] (JRA)

Konsultasi Dokter Terkait