HomeInfo SehatKulitMemilih Kosmetik BB Cream
Kulit

Memilih Kosmetik BB Cream

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 27 Nov 2013

Ditinjau Oleh dr. Jessica Florencia, Sp.PK

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain sebagai dasar rias wajah, BB Cream juga mengandung bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi untuk masalah kulit.

Memilih Kosmetik BB Cream

Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia.

Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda.

BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat.

Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda.

Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream.

Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok dengan kondisi kulit Anda.

1. Ketahuilah Jenis Kulit Anda Terlebih Dahulu

Karena kandungan pelembabnya tidak cukup untuk mengatasi kulit kering, BB Cream lebih cocok untuk mereka dengan kulit normal sampai berminyak. Mereka dengan kulit kering tetap harus menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulitnya. Selain itu pilihan warna dasar juga harus diperhatikan. Karena warna dasarnya terbatas, BB Cream kurang cocok untuk digunakan bagi mereka dengan kulit yang agak gelap.

2. Perhatikan Kandungan yang Ada Dalam BB Cream Anda

Cermati merk dan juga kandungan yang terdapat dalam BB Cream yang hendak Anda beli. Pastikan Anda membeli produk yang terpercaya dengan kandungan yang jelas dan Anda pahami kegunaannya, misalkan apakah mengandung pelembab tambahan, mengandung tabir surya yang cukup untuk daerah tropis.

3. Perhatikan Earna Dasarnya

Sesuaikan warna dasar BB Cream yang Anda beli dengan warna kulit Anda. Penggunaan warna yang terlalu terang malah dapat membuat riasan Anda tampak tidak alami.

BB Cream memang membuat proses merias wajah menjadi lebih mudah dan praktis, namun BB Cream bukanlah solusi dari segala masalah kulit Anda. Pilihlah BB Cream yang paling sesuai dengan kulit Anda dan tetaplah melakukan perawatan kulit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

(JF)

Kosmetik SehatTips Memilih Kosmetik BB Cream

Konsultasi Dokter Terkait