HomeInfo SehatKulitMemilih Sunblock yang Aman
Kulit

Memilih Sunblock yang Aman

Klikdokter, 27 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penting adanya untuk memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Seperti halnya sunblock. Simak memilih sunblock yang aman untuk kulit.

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan.

Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini:

1. Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih

SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng.

2. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar

Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit.

3. Gunakan Sunblock Kembali Setelah Waktu effektifitasnya Terlewati (SPF)

Sering pemakaian sunblock bersamaan dengan aktivitas berenang di luar ruangan, tanpa kita ketahui, air dapat melunturkan sunblock dari kulit. Oleh karena itu pastikan untuk mengulang pemakaian sunblock lebih awal sebelum masa efektif perlindungannya (SPF) terlewati.

4. Hindari sunblock yang Mengandung Oxybenzone

Oxybenzone merupakan racun yang dimiliki penahan sinar matahari (sunscreen) yang notabene merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Lebih baik gunakan sunscreen berbahan Zinx Oxide atau Titanium oxide.

5. Belilah sunblock yang Baru Tiap Tahun

Hampir semua sunblock mulai kehilangan daya pelindungnya setelah 12 bulan. Hal ini dikarenakan zat kandungannya yang mudah mulai memudar setelah masa tersebut.

6. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari Pada Tengah Hari

Matahari berada normalnya berada tepat di atas kita saat jam 12.00, sebisa mungkin jangan terlalu berlama terkena paparan sinar matahari pada kala sinar matahari sedang mengeluarkan daya optimalnya.

7. Gunakan Pakaian yang Cukup Menutup Kulit

Jelas sekali hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan keburukan paparan sinar ultra violet jatuh langsung kepermukaan kulit.

8. Pakai Perawatan Lebih Khusus Ketika Harus Pergi ke Pantai

Terlebih jika sengaja hendak berjemur. Ini dilakukan dengan lebih sering memberikan sunblock kekulit.

9. Minum Air Putih Secukupnya

Air akan membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu sunblock untuk memberi perlindungan kulit lebih baik terhadap sinar ultraviolet.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

(DA)

Kosmetik SehatMemilih Sunblock Yang Aman

Konsultasi Dokter Terkait