Kulit

Kerutan dan Keriput

Tim Redaksi KlikDokter, 27 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari

Kerutan dan Keriput

KLIKDOKTER.com - Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari.

Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis.

Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga.

Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar.

Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit tubuh akan anda dapatkan jika melakukan perawatan yang baik sejak dini.

Berikut ada 4 (empat) langkah mudah untuk perawatan kulit :

  1. Exfoliating atau luluranBiasanya dilakukan 1? 2 kali seminggu, tergantung bagaimana kondisi kulit tubuh anda, apakah kering dan berkeriput, atau masih sehat dan kenyal. Luluran berguna untuk meluruhkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, serta mencegah kekeringan pada kulit.

  • Pembersih TubuhAtau yang biasa kita kenal sebagai mandi, berguna untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit sepanjang hari. Sabun yang Anda gunakan saat mandi, juga akan mempengaruhi keadaan kulit. Pilihlah sabun yang memiliki pH balanced supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Pemakaian busa atau spons mandi, akan sangat membantu untuk meluruhkan kotoran dan minyak yang menempel.

  • Pelembab sangat bergunaUntuk membantu menjaga kulit tubuh tetap halus dan lembut. Pelembab sangat baik digunakan setelah mandi, karena pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik. Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia anda tergolong sudah tidak muda lagi. Kerana dengan semakin bertambahnya usia, kalenjer minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. Bila anda sering berada di ruangan ber-AC, pelembab harus digunakan lebih sering lagi untuk mencegah kekeringan dan dehidrasi. Oleskan pelembab setiap 2 jam sekali, atau saat kulit anda mulai terasa kering. Pilihkan produk pelembab yang diperkaya dengan berbagai vitamin, antioksidan dan tabir surya.

  • Nutrisi yang baikSeperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E, sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E, terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.

  • Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](DA)

     

    Masalah KulitKerutan Keriput Penuaan

    Konsultasi Dokter Terkait