Sukses

Tujuh Manfaat Ikan

Tujuh Manfaat Ikan

Menekan Risiko Stroke & Serangan Jantung

Salah satu tujuh manfaat ikan adalah menekan risiko stroke dan serangan jantung.

Ikan memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega-3 di dalam ikan yang sangat penting untuk otak, mengonsumsi ikan secara rutin dan teratur setiap pekan dapat menekan risiko penyakit jantung pada pria maupun perempuan.

1 dari 14 halaman

Rendah Lemak

Sebagian besar ikan-ikanan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap seperti tuna sirip kuning ataupun sebagian jenis kerang serta makanan laut lainnya memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya.

2 dari 14 halaman

Sumber Protein, Vitamin dan Mineral yang Kaya

Ikan memiliki kandungan kaya akan; vitamin A, vitamin D, fosfor, magnesium, selenium, yodium, serta kalsium. Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi, namun kelebihan ikan adalah tidak memiliki lemak yang tinggi dan protein dan nutrisinya sangat mudah diserap tubuh.

3 dari 14 halaman

Mengurangi Kolesterol LDL

Ikan memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan dengan protein hewani lainnnya seperti halnya ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. Dimana lemak jenuh memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4 dari 14 halaman

Mengurangi Peradangan dan Sakit Sendi

Dari asam lemak omega-3 ikan tuna, salmon, makarel, sarden maupun tuna dapat juga mengurangi risiko peradangan dan sakit persendian.

5 dari 14 halaman

Minyak Ikan untuk Janin dan Bayi Menyusui

DHA juga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Ikan seperti tuna, makarel, dan sarden bisa menjadi pilihan yang bagus untuk hamil hamil dan menyusui.

6 dari 14 halaman

Untuk Nutrisi Otak

Bahkan, kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan juga sangat penting untuk otak. Dimana asupan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bagi yang tinggal di perkotaan besar untuk stamina otak.

7 dari 14 halaman

Pengaruh Cara Masak

Namun demikian, penyajian pun memilliki peran penting dari hasil kesehatan yang diinginkan. Ikan yang digoreng dan dibakar lebih memiliki kandungan zat radikal bebas, karsinogen serta kolesterol jahat lebih besar daripada ikan yang disajikan mentah (sushi, sashimi, dll) ataupun steam (kukus).

8 dari 14 halaman

Steamed Salmon with Lemon

Berikut resep sehat memasak ikan yang sudah melewati pantauan redaksi klikdokter.com yang dipersembahkan oleh Foodies. Atau Anda dapat mencoba dengan ikan berdaging putih lainnya selain salmon, seperti kakap merah maupun dory fillet.

9 dari 14 halaman

Bahan-bahan

2 Salmon fillets
¼ sendok teh garam
1/8 sendok teh lada putih halus
2 siung daun bawang
4 slice jahe
1 jeruk lemon

10 dari 14 halaman

Langkah 1

Bersihkan salmon fillet dengan air dingin lalu tiriskan hingga kering. Proses mencuci bahan makanan adalah penting untuk higienitas dan kesehatan nutrisi dan tubuh.

11 dari 14 halaman

Langkah 2

Tempatkan ikan di mangkok berukuran 9inci (mangkok besar) yang tahan panas. Kemudian lumuri dengan garam dan lada. Taburi dengan daun bawang yang sudah di iris panang dan jahe.

12 dari 14 halaman

Langkah 3

Iris buah lemon menjadi 8 bagian lalu tempatkan 4 di atas ikan, dan Peras sisa air lemon di atas ikan. Steam di dalam kukusan beserta mangkuknya selama 8 – 10 menit.

13 dari 14 halaman

Langkah 4

Sajikan. Selamat sehat dan selamat mencoba.

0 Komentar

Belum ada komentar