Sukses

Pengertian

Pielonefritis akut adalah kondisi terjadinya infeksi bakteri pada organ ginjal. Kondisi ini merupakan infeksi berat yang bisa merusak ginjal karena dapat berujung pada gangguan permanen. Ini terjadi akibat adanya jaringan parut pada ginjal. Selain itu infeksi ini juga dapat menyebabkan kematian.

Pielonefritis akut merupakan infeksi saluran kemih bagian atas. Kesalahan diagnosis dapat memicu terjadinya pielonefritis kronis yang bisa menyebabkan hipertensi sekunder dan gagal ginjal.

Penyebab

Pielonefritis akut terjadi akibat infeksi bakteri. Umumnya bakteri penyebabnya adalah bakteri yang naik ke ginjal dari saluran kencing bagian bawah. Beberapa jenis bkteri yang bisa menyebabkan pielonefritis akut antara lain bakteri Eschericia coli, Proteus mirabilis, Klebsiella spp, Citrobacter spp, dan Enterobacter spp.

Selain dengan cara naik dari saluran kencing bawah, bakteri juga dapat mencapai ginjal lewat aliran darah.

Diagnosis

Untuk menentukan diagnosis pielonefritis akut akan melakukan serangkaian wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan urinalysis dan kultur urine diperlukan untuk memastikan diagnosis.

Piuria atau adanya nanah dalam urine sering kali ditemukan pada penderita pilonefritis akut. Kondisi ini bisa dipastikan lewat ters esterase leukosit atau tes nitrit.

Gejala

Beberapa tanda pielonefritis akut yang biasanya muncul antara lain:

  • Demam
  • Menggigil
  • Nyeri pinggang
  • Mual
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan

Gejala lainnya yang juga dapat hadir adalah:

  • Disuria, yaitu rasa sakit atau munculnya sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil

Pengobatan

Untuk mengatasi pielonefritis akut diperlukan diagnosis yang tepat akibat beratnya pengaruh yang dapat terjadi akibat penyakit ini. Oleh sebab itu, saat mengalami gejalanya, penderita harus segera mengunjungi dokter.

Adapun dokter akan meresepkan terapi antibiotik yang kuat untuk mencegah semakin memburuknya penyakit. Dalam kondisi yang cukup berat (misalnya terdapat kerusakan berat akibat adanya nanah, batu ginjal berukuran besar yang menyumbat saluran kencing, kematian jaringan ginjal) mungkin saja dibutuhkan pembedahan untuk menyembuhkan penderita.

Dalam proses pengobatan, penting bagi penderita untuk mengonsumsi antibiotik dengan baik dan menyelesaikan seluruh pengobatan tersebut. Hindari kondisi dehidrasi, karena kondisi kekurangan cairan dapat memperburuk kerja dan menambah beban ginjal.

Pencegahan

Meskipun pielonefritis akut disebabkan oleh infeksi bakteri, namun infeksi hanya akan terjadi bila sebelumnya telah ada gangguan dalam fungsi organ tubuh. Untuk bakteri yang mencapai ginjal lewat darah, umumnya terjadi akibat penggunaan obat-obatan terlarang yang disuntikkan (karena sering tidak steril). Karena itu hindarilah penggunaan benda-benda tersebut.

Sedangkan bakteri yang naik dari saluran kencing bawah, biasanya terjadi karena adanya penyumbatan di saluran kencing yang menyebabkan tersumbatnya pengeluaran kencing. Salah satu penyebab sumbatan ini adalah batu ginjal (penyebab sumbatan lain antara lain kanker dan penyempitan saluran ginjal).